Rabu, 30 Juni 2010

Sebelum Dinosaurus

Dinosaurus merupakan hewan prasejarah yg banyak dikenal orang. Mereka hidup pada Era Mesozoic (250-65 juta tahun lalu). Tetapi jauh sebelum mereka ada, Bumi telah dikuasai oleh hewan prasejarah lain pendahulunya. Berikut ini adalah beberapa hewan prasejarah sebelum dinosaurus muncul.

Trilobit Paradoxide (Pertengahan Cambrian)









Paradoxide merupakan spesies terbesar dari kelompok trilobit. Panjangnya mencapai 1 meter lebih. Kepalanya memiliki duri yang memanjang disisinya. Seperti trilobit pada umumnya, trilobit ini memiliki kepalanya yang terpisah dan perisai ekor dihubungkan oleh beberapa lempengan bersendi. Struktur matanya majemuk berlensa ganda. Mata ini terdiri dari jutaan partikel kecil menyerupai sarang lebah dan sebuah sistem lensa ganda. Hewan-hewan itu harus berganti kulit secara berkala untuk keperluan pertumbuhan.

Trilobit Encrinurus (Akhir Ordovisium-Silur)










Tubuh trilobit baru dari akhir zaman Ordovisium hingga Silur ini membengkok dan ekornya melipat di bawah kepala, sehingga posisi tubuhnya menggulung. Trilobit ini disebut juga “trilobit gulung”.

Arandaspis (Pertengahan Ordovisium)










Hewan ini merupakan salah satu  ikan yang pertama kali hidup di bumi. Ikan ini sangat berbeda sekali dengan ikan modern. Arandapsis tidak memiliki rahang dan sirip. Mulut Arandapsis juga tidak bisa ditutup.

Nautilus (Pertengahan Orodvisium-Sekarang)











Moluska ini merupakan satu-satunya yang tidak memiliki kantung tinta. Nautilus diketahui muncul pada 350 juta tahun lalu dan masih ada sampai sekarang ini. Berbeda dengan nautilus sekarang yang berukuran kecil (jarang mencapai 30 cm), nautilus ini berukuran 2 m. Nautilus memiliki cangkang berbentuk spiral dan beberapa diantaranya tentakelnya ada yang memiliki alat penghisap (seperti gurita).

Coelacanth (Awal Devon-Sekarang)






Ikan ini merupakan fosil hidup yang cukup terkenal. Pertama Coelacanth di duga telah punah bersamaan dengan dinosaurus. Ternyata fakta membuktikan hingga saat ini coelacanth di temukan hidup, diantaranya mereka hidup di Manado, Sulawesi.

Meganeura (Awal-Akhir Carbon)








Capung purba ini penampakannya tidak jauh berbeda dengan capung modern, namun ukuran tubuhnya sebesar burung kakaktua dan bentangan sayapnya hampir 1 meter. Sayap-sayapnya setipe dengan sayap serangga sekarang yang terdiri dari lembaran cincin tipis yang ditopang oleh sebah jaringan vena yang keras.


Dimetrodon (Awal Permian)







Dimetrodon adalah salah satu marga reptilia purba yang mirip mamalia. .Panjangnya berkisar dari 1,5 m hingga 3 m. Binatang ini adalah karnivora. Giginya seperti belati yang digunakan untuk membunuh dan memangsa makanannya terutama amfibi. Cirinya yang paling menonjol adalah adanya jengger tegak seperti layar sepanjang punggungnya. Menurut teori, layar ini berfungsi sebagai panel tenaga surya yang berperan ikut mengendalikan suhu tubuhnya.

Heliocoprion (Awal Permian)









Helicoprion akif sebagai pemangsa di dalam lautan dan menjadi puncak rantai makanan di lautan. Gigi ikan hiu purba ini tumbuh membentang membentuk spiral. Ada 180 buah gigi yang tersusun secara spiral itu.

Kelelawar Terbesar & Terkecil

Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 950 spesies berbeda dari kelelawar. Dan semuanya memiliki berbagai jenis ukuran tubuh. Tapi pada  umumnya kelelawar bertubuh kecil, tidak lebih besar dari seekor tikus jika diberi sepasang sayap.


Kelelawar Eropa terbesar, kelelawar noctule besar (Nyctalus lasiopterus), panjangnya sekitar 8 cm dg bentangan sayap 46 cm. Kelawar yg juga hidup di Barat Asia dan Afrika Utara ini adalah pemakan serangga dan burung kecil. Mereka melakukan hibernasi dari Desember hingga Februari.
kelelawar noctule besar
Kelelawar berbintik (Euderma maculatum) adalah kelelawar terbesar Amerika Utara. Kelelawar pemakan serangga ini memiliki panjang 12 cm, bentangan sayap 35 cm dengan telinga besar (panjangnya 5 cm) berwarna merah muda. Mereka ditemukan di Arzona, California, Colorado, Utah, dan Canada. Hewan yg berhabitat di hutan konifer, padang rumput, rawa, gurun, dan tepi sungai ini melakukan perkawinan di bulan Juni atau Juli.
kelelawar berbintik

Kelelawar terbesar di dunia adalah kalong (Pteropus vampyrus) yang merupakan kelelawar yg terdapat di daerah Asia Tenggara seperti Malaysia, Kamboja, Thailand, Brunei, dan Indonesia. Tetapi kelelawar pemakan buah ini juga ditemukan di India. Bentangan sayap kalong mencapai 2 meter. Bentangan sayap kelelawar ini lebih panjang daripada tubuhnya sendiri. Kelelawar ini dikenal juga rubah terbang besar (large flying fox), walalupun sebenarnya mereka tidak sebesar rubah. Kelelawar ini adalah hewan nokturnal, aktif pada malam hari dan menghabiskan siang hari dengan bergelantungan di pohon.

kalong / rubah terbang

Kelelawar lainnya bertubuh mungil. Adalah kelelawar kitti hidung babi (Craseonycteris thonglongyai) yang merupakan terkecil dari semuanya, bahkan termasuk mamalia terkecil di dunia. Panjang kelelawar yg dikenal juga dg kelelawar bublebee ini hanya 29-33 mm dengan berat 2 gram saja. Sangking kecilnya, kelelawar ini bahkan bisa hinggap di jari manusia. Kelelawar Kitti hidung babi ini baru ditemukan sekitar tahun 1973. Kelelawar yg terdapat di Thailand dan Myanmar ini adalah pemakan serangga dan laba-laba. 

kelelawar kitti hidung babi

Senin, 21 Juni 2010

Velociraptor Jurassic Park Terlalu Besar

Velociraptor ("pencuri gesit") merupakan salah satu icon dinosaurus dalam film Jurassic Park. Mereka merupakan salah satu dinosaurus yg cerdas. Kecerdasan velociraptor dalam Jurassic Park digambarkan dg cara mereka dalam membuat perangkap dan kerja sama yg baik dalam penyerangan. Velociraptor beserta dinosaurus lainnya dalam famili dromaeosauridae memang memiliki volume otak yg besar untuk ukuran tubuhnya, jadi bisa dikatakan bahwa mereka cerdas. Bahkan ilmuwan mengatakan mereka lebih pintar dari lumba-lumba.

Namun, dalam film Jurassic Park ada ketidaktepatan yg menggambarkan dinosaurus yg berkuku tajam melengkung ini. Ukuran tubuh Velociraptor yg digambarkan dalam Jurassic Park adalah tinggi hampir seukuran manusia. Padahal bukti fosil menunjukkan bahwa Velociraptor memiliki tinggi 0,5 m dan panjang 2 m dg berat diperkirakan mencapai 15 kg.

gambar Velociraptor pada film Jurassic Park




perbandingan sebenarnya manusia dg Velocirapor


Dinosaurus-dinosaurus dalam family Dromaeosauridae memiliki ukuran yg bermacam-macam, mulai dari hampir seukuran angsa seperti Bambiraptor hingga yg terbesar, Utahraptor yg berukuran panjang 7 meter dg berat kurang dari 500 kg. Semuanya memiliki kemiripan yaitu kaki belakang yg kuat dan memiliki cakar tajam melengkung seperti sabit serta ekor yg panjang. Ini membuktikan bahwa mereka merpakan karnivora gesit dan cepat. Umumnya nama spesiesnya dikaitkan dg raptor (raptor = burung pemangsa). Berikut ini perbandingan beberapa dinosaurus famili dromaeoridae.


Raptor Jenis Baru Ditemukan!

Paleontolog berhasil menemukan fosil dinosaurus maniraptoran (raptor) jenis baru. Raptor merupakan dinosaurus dg ciri kepala panjang, leher melengkung, ekor panjang, dan cakar melengkung besar di kakinya untuk menangkap mangsanya. Semua raptor tergabung dalam famili Dromaeosauridae. Dilihat dari ukuran tubuhnya, maniraptoran merupakan predator gesit dan lincah.

Raptor Baru Di Mongolia
Fosilnya digali di Ukhaa Tolgon, daerah Mongolia. Fosil yg dinamakan Tsaagan mangas ("monster putih") ini sedikit lebih besar dibandingkan dg kalkun dan tulangnya merupakan salah satu yg terbaik dari tulang dromaeosauridae yg pernah ditemukan. Tsaagan pertama kali dipublikasikan pada Desember 2006 oleh tim American Museum of Natural History.


fosil tsaagan

Tsaagan merupakan maniraptoran yg sangt berkerabat dg Velociraptor, dimana keduanya  ditemukan di tempat yg sama yaitu di Mongolia. Diperkirakan Tsaagan hidup pada 75 juta tahun lalu (akhir Periode Cretaceous). Ciri khas dari Tsaagan adalah uukurannya yg kecil dan rahang yg sempit. Panjang dinosaurus karnivora ini sekitar 1,2 meter dg berat 25 pon.

Selain Tsaagan, ditemukan juga fosil baru lainnya yg masih maniraptoran. Fosil ini digali oleh Jonah Choiniere pada tahun 2008 di pedalaman Mongolia, Bayan Mandahu dan fosil ini baru diberi nama pada tahun 2010 oleh Xu Xing beserta rekan2nya. Fosil ini diberi nama Linheraptor exquisitus. Panjang Linheraptor ini kurang dari 2 meter dg berat sekitar 25 kg.

fosil Linheraptor

Raptor Argentina

Kerangka raptor baru juga tidak hanya ditemukan di Asia. Di Provinsi Río Negro, Argetina, jg ditemukan fosil raptor jenis baru. Fosil itu diberi nama Austroraptor cabazai ("pencuri dari selatan") oleh Alberto Cabaza. Kerangkanya dipublikasikan pada akhir tahun 2008 oleh Fernando Novas di Museo Argentino de Ciencias Naturales. Austroraptor diperkirakan hidup pada 70 jta tahun lalu (akhir Periode Cretaceous). Dinosaurus ini memiliki panjang 5-6.5 m, tinggi 1.8 m, dan berat diperkirakan 100 kg.

Pterodactyl Paling Terkenal

Pterodactlus atau dikenal dg pterodactyl saja merupakan salah satu pterosaurus (reptil terbang purba) yg paling terkenal. Pterodactyl menjadi nama sub ordo (Pterodactyloidea) yg menjadikan pterosaurus terbagi 2 kelompok (Pterodactyloidea dan Rhamphorhynchoidea). Hewan yg hidup pada periode Jurassic ini bukanlah dinosaurus, sebab pterodactyl tidak memiliki ciri khas tulang pubis dan tulang ekor dinosaurus (pada ornithischia dan saurischia) serta semua dinosaurus adalah hewan darat yg tidak bisa terbang. Fosil pterodacytl ditemuukan di Eropa dan Afrika.

Seperti kebanyakan pterosaurus, sayap pterodactylus terbentuk dari kulit dan membran otot yg membentang dari keempat jarinya hingga tungkai belakangnya. Sayap luarnya disangga fiber kolagen sementara bagian luarnya disangga keratin.

Ada banyak spesies berbeda dari pterodactylus, dan masing-masing memiliki makanan yg khusus. Spesies yg  kecil dg gigi kecil pula kemungkinan pemakan serangga, sementara yg lebih besar kemungkinan akan memakan ikan atau kadal kecil. Pterodacytyls yg telah diktetahui lebih dari 25 spesimen fosil dimana kebanyakannya adalah yg masih kecil, banyak fosil yg ditemukan secara lengkap.


 fosil Pterodactylus antiquus

Pertahanan Dinosaurus

Dinosaurus karnivora seperti T-rex terlahir untuk menyerang dan membunuh mangsanya. Dinosaurus yg dijadikan target para pemburu itu harus mempertahankan dirinya dari serangan para pemangsa. Dinosaurus memiliki serangkaian cara pertahanan untuk menghindari para penggangu. Dinosaurus  mempertahankan diri dg hidup berkelompok, beberapa yg lainnya mengandalkan kecepatan, dan senjata pertahanan diri yg dimiliki.

HIDUP BERKELOMPOK

Hidup berkelompok akan membuat aman bagi kebanyakan dinosaurus, seperti yg banyak dilakukan hewan saat ini. Saat bersama, dinosaurus bisa saling memperingati satu sama lain jika ada ancaman bahaya. Beberapa dinosaurus seperti Iguanodon dan Apatosaurus hidup berkelompok untuk berkelana mencari makanan. Dan para dinosaurus muda akan ditempatkan di tengah kerumunan kelompok untuk di jaga oleh dewasa yg lebih besar. Sementara Triceratops akan membuat lingkaran pertahanan untuk menutupi Triceratops muda yg berada ditengah lingkaran. Hal ini dilakukan untuk mengancam penyerang dg barisan tanduk pertahanan Triceratops.

PERISAI TUBUH
Dinosaurus herbivora seperti kelompok ankylosauridae terlahir dg tubuh yg serupa buaya, sisiknya mengalami penulangan sehingga menjadi keras, sisik ini sangat berguna sbg perisai. Selain itu kelompok aknylosauridae memiliki ekor yg keras seperti palu. Jika dalam posisi terancam mereka akan merunduk untuk melindungi daerah perut yg lunak kemudian sambil mengibaskan ekor yg seperti pemukul palu.





Dinosaurus kelompok stegosauridae memiliki 2 baris lempenganan tulang besar yg runcing di sepanjang punggungnya untuk pertahanan dan memakai duri di ekornya sebagai alat penyerangan. Lempengan runcing itu juga digunakan sebagai pengatur suhu tubuh.

TANDUK
Dinosaurus herbivora kelompok ceratopian memiliki pertahanan berupa tanduk pada kepalanya. Mereka akan mengembangkan tanduk dan lempengan perisai tulang (frills) pada bagian belakang tengkorak untuk melindungi diri. Kemuungkinan mereka menyerang musuh seperti badak atau saling mengadu tanduk dalam memperebutkan betina atau pemimpin kelompok.
  triceratops saling bertarung 

triceratops menyerang t-rex.


KEPALA BAJA
Pachycephalosaurus jantan memiliki tulang sangat tebal berbentuk kubah pada bagian atas tengkoraknya. Mereka akan saling mengadu kepala untuk memperoleh pasangan seperti yg dilakukan kambing liar saat ini.

TUBUH RAKSASA DAN EKOR CAMBUK

Sauropoda yg bertubuh raksasa akan mengandalkan ukuran tubuhnya untuk pertahanan diri, seperti yg dilakukan gajah. Selain ukran tubuh, beberapa sauropoda seperti Diplodocus dan mamenchisaurus akan mengibaskan ekor yg dapat digunakan seperti cambuk untuk melawan musuhnya.

CAKAR
Sebagian besar dinosaurus herbivora tidak memiliki cakar, namun Iguanodon dan  memiliki pertahanan diri dg menggunakan dua kuku "ibu jari" yg tajam. Dinosaurus omnivora seperti Segnosaurus bahkan memiliki cakar besar untuk pertahanan dirinya. Cakar itu digunakan untuk menikam para pengganggu yg datang.

KECEPATAN UNGGUL

Dinosaurus kelompok ornithomimidae seperti Orthinomimus dan Gallimimus tidak memiliki perisai atau tanduk di tubuhnya untuk pertahanan diri. Mereka akan mengandalkan kecepatan untuk kabur dari para pemangsa. Dari perhitungan panjang kaki dan jarak antara jejaknya para ahli mengetahui bahwa kelompok ornithomimidae adalah dinosaurus yg tercepat. Kecepatannya sekitar 50-64 km/jam. Kecepatan ini juga mereka gunakan dalam berburu mangsa hewan kecil seperti kadal dan serangga.

Teknik Berburu Paus

Paus merupakan mamalia laut sekaligus karnivora laut yang terkuat yang pernah ada. Mulai dari pemangsa gesit seperti lumba-lumba dan orca/paus pembunuh hingga paus besar seperti paus biru, paus merupakan puncak rantai makanan di lautan dan tak tertandingi oleh hewan laut apapun. Setiap spesies paus memiliki cara khasnya tersendiri dalam berburu makanan.

Mencari Makan Di Dasar Laut

Paus abu-abu (Eschrichtius robustus) mencari makanan dari dasar samudra dengan cara menggaruk dasar laut, dan sering kali meninggalkan tanda yang khas di sana. Paus sepanjang 15 meter dg bobot 36 ton ini memakan crustacea. Umumnya mereka mencari pakan saat melakukan migrasi di perairan selatan saat musim panas tiba.

paus abu-abu mencari makan di dasar laut




Perangkap Jaring Gelembung
Paus bungkuk (Megaptera novaeangliae) yg memiliki panjang 12-16 meter ini mempunyai teknik unik untuk memperoleh makanan. Teknik ini disebut juga bubble net feeding atau perangkap jaring gelembung. Mereka menangkap ikan-ikan kecil dengan menciptakan semacam jaring yang terbuat dari gelembung-gelembung air. Jika paus bungkuk sudah menemukan makanannya, ia berenang di bawah mangsanya, dan mulai berkeliling sambil membiarkan udara keluar, yang kemudian naik dalam bentuk gumpalan gelembung.

paus bungkuk berburu dg perangkap jaring gelembung


Gelembung ini berfungsi seperti jaring dan menjebak ikan, lalu ia naik melewati gumpalan pusat. Dari atas permukaan air, yang terlihat hanyalah lingkaran gelembung yang berdiameter 10-15 meter yang naik dari bawah ke atas. Dan ikan paus itu pun langsung memecahkan permukaan tersebut dengan mulutnya yang terbuka lebar, dan menjerat beratus-ratus kilogram ikan sekaligus. Selain ikan kecil, paus bungkuk juga memakan kril.
perangkap gelembung paus bungkuk dilihat dari atas

Raja Penyelam
Paus Sperma (Physeter macrocephalus) adalah rajanya diving, mereka mampu menyelam begitu dalamnya dan mampu tinggal di bawah permukaan air dalam waktu lama dibandingkan paus-paus lainnya. Paus Sperma dapat bertahan selama 90 menit tanpa muncul ke permukaan untuk bernafas, sehingga mereka mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 2.000 meter, untuk mencari makanan utamanya, cumi-cumi raksasa (genus
Architeuthis) yang panjangnya lebih dari 10 m. Terkadang paus harus bertarung terlebih dahulu untuk bisa memperoleh cumi-cumi raksasa. Apabila ia telah mendapatkannya, maka paus sperma tersebut dengan cepat akan muncul kepermukaan air dan membunuh cumi-cumi raksasa dengan perubahan tekanan yang tiba-tiba.




paus sperma memakan cumi-cumi raksasa

Paus menahan nafas saat menyelam. Oleh karena itu, paus mampu menghirup begitu banyak oksigen sebelum menyelam. Pada saat yang singkat itu, ia membuka lubang pancarannya di permukaan air untuk bernafas. Paus jarang bernafas dibandingkan dengan mamalia lainnya. Akan tetapi ia menghirup lebih dalam, dengan demikian, ia menyerap lebih banyak oksigen.



Serangan Berkelompok
Paus bahkan ada yang menyerang paus lainnya untuk dijadikan mangsanya. Walaupun paus yang sangat besar dan sudah tumbuh dewasa hampir tidak mempunyai musuh, tetapi mereka tidak jarang di serang oleh kawanan paus pembunuh (Orcinus orca) yang berada dalam kelompok besar. Oleh karena itu, paus yg sepanjang 5-8 m ini sering disebut “srigala lautan”. Biasanya, paus pembunuh berusaha menggigit sirip-sirip paus yang sedang diserang itu, kemudian baru menggigit bagian-bagian lainnya untuk melumpuhkan dan menenggelamkannya.





paus pembunuh menyerang paus bungkuk

Kelompok paus pembunuh sangat terorganisir ketika mereka sedang menyerang. Dalam satu kelompok, masing-masing paus akan menjalankan peran-peran penting yang berbeda untuk berburu makanan. Salah satu diantara, ketika menyerang paus lainnya mereka bahkan ada yang melemparkan dirinya ke kepala korbannya untuk menutup lubang pancaran paus tempat bernafas korbannya. Dan dengan cara itu paus pembunuh dapat menghentikan nafas paus yang di serang. Jika paus yang di serang itu sudah kalah total, maka kawanan paus pembunuh segera membunuhnya.




paus pembunuh menutup lubang hidung paus biru

Paus pembunuh biasanya memburu paus bungkuk dan paus minke, tetapi terkadang mereka juga menyerang paus sperma atau paus biru. Selain memangsa paus, paus pembunuh juga memangsa lumba-lumba, cumi-cumi, ikan (termasuk juga hiu seperti hiu mako, hiu putih besar, dan hiu paus), burung dan mamalia keluarga anjing laut, seperti walrus, singa laut, anjing laut, dan linsang laut. Bahkan mereka mampu mengejar dan mendapatkan buruannya sampai ke bibir pantai. Rata-rata paus pembunuh menghabiskan 227 kg daging tiap harinya.




paus pembunuh menyerang lumba-lumba

klik video paus pembunuh vs hiu putih berikut

Rabu, 16 Juni 2010

Microsoft Office 2007 Bahasa Indonesia

Microsoft Office merupakan salah satu software sering orang-orang gunakan, karena memudahkan kita dalam mengerjakan tugas atau keperluan lain seperti membuat makalah, membuat artikel, membuat proposal, membuat presentasi, dan meyusun tabel beserta penghitungannya. Tampilannya yg berbahasa Inggris mungkin membuat beberapa org sulit untuk mengoperasikannya.

Untuk bisa mengubah tampilannya kedalam Bahasa Indonesia, kita perlu mengistalll software bernama Microsoft Office Language Interface Pack 2007 - Bahasa Indonesia. Anda bisa men-download software tersebut secara gratis dg mencarinya dari situs microsoft.com atau langsung klik -DISINI-.

Setelah masuk kedalam halaman situsnya, klik tulisan Download fle di bawah ini.



Klik download untuk file LanguageInterfacePack.exe



 









Setelah di download, install-kan pada komputer/laptop Anda, cuma tinggal next2 aja. Setelah terinstal buka Office 2007 Language Settings di start - microsoft office - microsoft office tools - microsoft office 2007 language settings. Setelah itu pada tab Display Language pilih Bahasa Indonesia pada menu Display Microsoft Office menu dan dialogs boxes in.



Berikut ini screen shot office 2007 yg berbahasa Indonesia. 












 SUMBER : andripriyanto.my-php.net

Kenapa Paus Bukan Ikan?

Hewan kelompok Cetacea, seperti lumba2 dan paus, sekilas memang tampak seperti ikan pada umumnya mulai dari bentuk tubuhya hingga habitatnya yg sama-sama hidup di dalam air. Akan tetapi, ikan paus bukanlah termasuk ikan, mereka termasuk mamalia, yaitu hewan yg menyusui.

Layaknya mamalia pada umumnya, hewan cetacea termasuk makhluk berdarah panas, artinya suhu tubuh mereka tetap konsisten, kurang lebih 37ºC (suhu tubuh yang hampir sama dengan suhu normal tubuh manusia).

Meskipun demikian, di bawah permukaan laut yang cukup dalam, dan kadang-kadang suhunya pun bisa sangat dingin (mencapai 2º di bawah nol), panas yang keluar melalui kulit jauh lebih besar dari pada panas di udara. Beberapa paus memiliki lapisan lemak yang cukup tebal yaitu 50 cm di bawah kulitnya yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari cuaca yang dingin. 

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara hewan cetacea dengan ikan:


Cara Bernapas
Cetacea : Cetacea mempunyai lubang hidung yang berfungsi sama dengan manusia, yaitu sebagai tempat keluar dan masuknya udara. Dari lubang hidung inilah cetacea bernafas dan menghirup udara lalu diteruskan ke paru-paru guna pertukaran udara. Umumnya lubang hidung paus ada dua, sementara lumba-lumba hanya satu lubang hidung.
Ikan : Ikan tidak mempunyai lubang hidung untuk dapat menghirup udara, sebagai penggantinya, ikan mempunyai insang agar dapat bernafas.
 

Tubuh
Cetacea : Tubuhnya ditutupi oleh kulit. Sama seperti mamalia, mereka juga punya rambut.
Ikan : Pada umumnya tubuh ikan ditutupi oleh sisik.

rambut yg hanya ada pada lumba-lumba yg baru lahir
rambut pada ujung moncong paus abu-abu

 

Penglihatan
Cetacea : Cetacea memiliki kelopak mata untuk melindungi matanya.

 Ikan : Ikan tidak mempunyai kelopak mata.

Tidur 
Cetacea : Berbeda dg mamalia darat, cetacea selalu tidur dg menutup sebelah mata, artinya mereka tidur dg satu bagian otak saja (hemispare). Hal ini karena mereka bernafas tidak secara otomatis seperti kita, mereka bernapas dg keadan sadar atas perintah otak. Di saat mau bernapas, mereka mesti bergerak/berenang ke permukaan air utk mengambil udara, kemudian menahan napas kembali di dalam air. 

Saat istirahat/tidur, sebagian otak cetacea akan aktif untuk kebutuhan berapas dan juga untuk mengawasi sekitarnya, sebagian otak laginya akan berisirahat. Diketahui bahwa lumba-lumba dan paus tidur bahkan mengorok.
 
 lumba-lumba yg sedang tidur
Ikan :  Kebanyakan ikan akan beristirahat (tidur) di tempat2 tersembunyi atau perairan dangkal. Mereka akan diam tak bergerak dg mata terbuka, sebab tak punya kelopak mata. Sementara yg lainnya (seperti hiu) akan beristirahat sambil tetap berenang.
 
ikan berisitirahat dg bersembunyi di batuan karang
Sirip
Cetacea : Sirip depan pada cetacea terdapat tulang jari di dalamnya, dan cetacea hanya mempunyai tiga macam sirip, yaitu sirip depan, sirip belelakang/punggung (sirip dorsal), dan sirip ekor. Sirip ekor cetacea bentuknya horizontal.
Ikan : Ikan tidak mempunyai tulang jari didalam siripnya, dan ikan memiliki lima macam sirip, yaitu sirip depan, sirip belakang, sirip perut, sirip dubur, dan sirip ekor. Sirip ekor ikan bentuknya vertikal.
perbedaan sirip paus dg ikan

Cara Berenang
Cetacea : Cara berenang cetacea adalah dengan menggerak-gerakan sirip ekornya ke atas dan ke bawah.

Ikan : Ikan berenang dengan cara menggerak-gerakan sirip ekornya ke kiri dan ke kanan.

Berkembang Biak
paus pembunuh melahirkan
Cetacea : Seperti pada mamalia pada umumnya, cetacea berkembang biak dg melahirkan anak (vivipar). 

ikan sedang bertelur

Ikan : Berkembang biak dg bertelur (umumnya ovipar, tapi ada juga yg ovovivipar seperti pada beberapa jenis hiu).



Membesarkan Anak
paus bungkuk dewasa menjaga anaknya
Cetacea : Setelah melahirkan, sang induk akan selalu menjaga anaknya dari segala ancaman bahaya. Induknya akan mengajari berbagai hal agar sang anak mandiri kelak.
larva ikan
Ikan : Beberapa ikan ada yang merawat telur sampai mereka menetas, yg lainnya membiarkan telur-telur itu menetas dengan sendirinya. Namun setelah menetas, induk ikan tidak akan merawat dan mengajari apapuun pada anak-anaknya, karena begitu lahir, larva ikan sudah mampu hidup mandiri.