Minggu, 28 November 2010

Kenapa Paus Pembunuh Termasuk Kelompok Lumba-Lumba?

Orca atau paus pembunuh (Orcinus orca), dilihat dari ukuran dan dari nama 'paus'-nya memang terlihat seperti paus. Namun paus pembunuh sebenarnya adalah lumba-lumba yg terbesar. Berikut saya tuliskan apa alasannya paus pembunuh termasuk lumba-lumba .

Sirip Dorsal (Sirip Punggung)
Ini merupakan ciri utama untuk membedakan antara paus dan lumba-lumba. Paus pembunuh seperti lumba-lumba, mereka memiliki sirip dorsal yg letaknya di tengah-tengah tubuh bagian belakang.  Beberapa lumba-lumba lain memiliki sirip belakang yg berada di dekat kepala. Sementara semua paus memiliki sirip dorsal yg letaknya  lebih mendekati ekor.
letak sirip paus pembunuh (paling atas) berada ditengah-tengah tubuh seperti lumba-lumba
letak sirip dorsal paus lebih condong mendekati ekor

Gigi-Baleen Dan Lubang Udara
Paus pembunuh memiliki ciri lain yg sama dengan lumba-lumba, yaitu terdapat gigi di rahangnya dan memiliki satu buah lubang udara. Paus pada umumnya memiliki ballen, bukan gigi, dan lubang udaranya ada dua lubang. Baleen merupakan lembaran zat tanduk elastis yg membentuk seperti barisan buku. Fungsinya sebagai filter raksasa, menyaring antara plankton dan air laut saat makan. Tapi itu bukan menjadi ciri utama paus, sebab beberapa jenis paus seperti paus sperma (Physeter macrocephalus) dan paus berparuh (famili Ziphidae) memiliki gigi serta lubang udaranya satu.
persamaan paus dengan lumba-lumba
 
paus memiliki baleen dan lubang udaranya ada dua
paus berparuh dan paus sperma yg memiliki gigi dan lubang udaranya satu masih tergolong paus
Hewan Dengan Nama Paus Tapi Bukan Paus
Meskipun namanya 'paus' pembunuh, paus pembunuh termasuk lumba-lumba. Para saintis biasanya akan memberikan kata "paus" pada hewan-hewan laut yg berukuran besar, meskipun mereka bukan paus. Misalnya paus putih/paus beluga (Delphinapterus leucas), paus pilot (Globicephala sp), paus pembunuh palsu (Pseudorca crassidens) dan hiu paus (Rhincodon typus).

Sabtu, 27 November 2010

Kenapa dinamakan "Paus Sperma"?

paus sperma
Dinamakan paus sperma (Physeter macrocephalus) karena didalam tubuh paus tersebut terdapat suatu organ yg disebut spermaceti. Spermaceti (berasal dari Yunani, sperma berarti benih, dan Latin cetus berarti paus) yg kadang-kadang keliru disebut parmaceti adalah zat lilin yg terdapat dalam rongga kepala paus sperma. Paus sperma diburu untuk spermacetinya, zat yang ditemukan di kepala mereka yang digunakan untuk produksi parfum, lilin, dan salep.

organ spermaceti pada rongga kepala paus sperma
Spermaceti diekstrak dari minyak sperma dengan kristalisasi pada suhu 6° C. Spermaceti membentuk kristal putih yang keras tapi berasa berminyak saat disentuh, dan tanpa rasa atau bau, sehingga sangat berguna sebagai bahan dalam kosmetik, Leatherworking, dan pelumas. Zat ini juga digunakan dalam pembuatan lilin dengan nilai fotometrik standar, dan sebagai eksipien farmasi, seperti salep.

Para ilmuwan masih belum tahu fungsi sebenarnya dari spermaceti. Spermaceti mungkin digunakan sebagai kontrol daya apung paus, untuk membantu dalam menyelam (meningkatkan densitas zat lilin) dan naik ke permukaan (mengurangi kepadatan lilin untuk naik ke permukaan). Namun kemungkinan organ tersebut juga digunakan untuk memperkuat dan mengarahkan gelombang suara, saat paus sperma melakukan echolocation.

Senin, 15 November 2010

Perbedaan Anjing Laut Dan Singa Laut

Superfamily Pinnipedia, adalah kelompok mamalia laut dimana di dalamnya terdapat 3 famili berbeda yaitu Phocidae (anjing laut), Otariidae (singa laut), dan Odobenidae (walrus). Antara anjing laut dan singa laut penampilannya memang mirip. Keduanya memiliki lapisan minyak tebal yg disebut blubber di bawah kulitnya, untuk mencegah panas lepas dari tubuhnya. Anjing laut sering diebut juga crawling seals untuk dapat dibedakan dg singa laut dari famili Otariidae. Berikut saya tuliskan beberapa perbedaan antara anjing laut dan singa laut.

Telinga
Anjing laut sejati memiliki ciri utama, yaitu mereka tidak memiliki daun telinga. Berbeda dg singa laut yg memiliki telinga eksternal atau daun telinga. Nama otarrid (singa laut) berasal dari bahasa Yunani yg berarti "telinga kecil". Meskipun daun telinganya sangat kecil, tetapi pendengaran mereka sangat baik.

singa laut memiliki telinga eksternal, sementara anjing laut memiliki telinga internal

Rambut
Keluarga singa laut di bedakan menjadi dua, singa laut dan anjing laut berbulu (fur seals). Anjing laut berbulu jantan jantan memiliki surai tebal di sekeliling leher mereka layaknya singa jantan. Surai ini membuat anjing laut berbulu tampak besar dan kuat. Anjing laut berbulu memiliki tampilan bulu yg lebih banyak, padat, dan halus pada bagian bawahnya dibandingkan singa laut. Dari segi ukuran, singa laut lebih besar dibandingkan anjing laut berbulu. 



surai bulu pada anjing laut berbulu jantan
bulu pada singa laut lebih pendek dibandingkan anjing laut berbulu, serta mereka tidak memiliki surai


Anjing laut juga memiliki bulu, hanya bulu mereka sangat halus dan lebih pendek dibandingkan kelompok singa laut.
bulu pada anjing laut sejati terlihat lebih pendek dibandingkan bulu pada kelompok singa laut

Cara Jalan
Sirip-sirip yg dimiliki anjing laut dan singa laut digunakan untuk berenang. Sirip belakang pada anjing laut terikat pada panggul, sementara sirip depan mereka tidak dapat menapak sempurna ke tanah, karenanya anjing laut tidak mampu berjalan sempurna di daratan. Mereka akan terlihat canggung saat berada di darat, harus menggeliat seperti ulat dg bantuan sirip depan dan otot perut saat bergerak di darat. 

cara berjalan gajah laut di daratan

Seperti walrus, sirip singa laut panjang dan berotot sehingga mampu berjalan saat berada di daratan. Oleh sebab itu singa laut sering di sebut juga "walking seals" atau "anjing laut berjalan". Mereka umumnya dianggap kurang disesuaikan untuk hidup air, karena mereka menghabiskan banyak waktunya di darat daripada anjing laut. 
cara berjalan walrus mirip dg singa laut


Cara Berenang
Anjing laut sejati menggunakan sirip belakang sebagai kayuh untuk berenang, smentara sirip depannya digunakan sebagai kemudi. Saat berenang mereka akan terlihat meliuk-liukan tubuhnya.

Singa laut memakai sirip depan sebagai kayuh, sirip belakangnya digunakan sebagai kemudi. Cara berenangnya mirip dg pinguin yg memakai sirip depannya saat berenang. Kemampuan berenang singa laut berasal lebih kepada penggunaan siripnya daripada meliuk-liukan tubuh seperti anjing laut.

Sirip

Kaki depan dan kaki belakang anjing laut serta singa laut termodifikasi menjadi sebuah sirip. Kuku yang ada pada sirip mereka digunakan untuk scratching, menggaruk, memanjat, dan sebagai pertahanan diri. 
 


Singa Laut 
Sirip depan: Sirip depannya besar, berotot, dan bentuknya seperti sayap. Sirip depannya memiliki lima buah jari tanpa kuku dimana panjang jarinya berbeda-beda, dan diselimuti rambut.
Sirip belakang: Sirip belakangnya berselaput dengan lima buah jari yg panjang yang sama dan terdapat 3 buah kuku. Sirip belakang bisa diputar ke depan.

sirip-sirip pada singa laut (singa laut california)
Anjing Laut
Sirip depan: Sirip depannya pendek, berselaput, memiliki kuku dan lima buah jari yg panjangnya sama, dan diselimuti rambut.
Sirip belakang: Memiliki lima jari berselaput dengan kuku, dimana jari ke-1 dan ke-5 lebih panjang dari ketiga jari lainnya. Sirip belakang ini berselaput dan diselimuti rambut. Saat dibentangkan, sirip belakangnya mirip sebuah kipas. Sirip belakang
anjing laut selalu menghadap ke belakang karena tidak dapat diputar.


sirip-sirip pada anjing laut (gajah laut utara)



Cara Berdiri
Singa laut mampu menompang tubuhnya dg sirip-sirip yg dimilikinya, mereka mampu menegakkan tubuhnya dan berjalan di darat. Bahkan dalam sebuah show, singa laut mampu berdiri dua kaki depannya saja. Anjing laut saat di darat terlihat seperti berbaring.

anjing laut saat berada di darat

kelompok singa laut saat berada di daratan, mereka mampu menegakkan tubuhnya
bahkan singa laut dapat berdiri dg kedua sirip depannya saja
perbedaan cara berdiri anjing laut dan singa laut saat berada di daratan

Berkomunikasi
Anjing laut sejati tidak berkomunikasi dengan cara "menyalak" seperti keluarga singa laut. Sebaliknya, mereka berkomunikasi dengan saling menampar di air dan mendengus.

Anggota Anjing Laut dan Singa Laut
Anjing laut terdiri dari anjing laut, anjing laut bertudung (hooded seals) dan gajah laut, semuanya ada 18 spesies. Singa laut terdiri dari singa laut dan anjing laut berbulu, semuanya ada 16 spesies.  

 
keluarga anjing laut, atas: anjing laut, tengah: anjing laut bertudung (hooded seals), bawah: gajah laut

keluarga singa laut, atas: anjing laut berbulu (fur seals), bawah: singa laut

Minggu, 14 November 2010

Kura-Kura Juga Bisa Berubah Warna

kura-kura brazil
Tahukah Anda bahwa kura-kura memiliki kemampuan mirip bunglon? Kulit dan cangkangnya bisa berubah-ubah warna mengikuti tempat dia berada. Sama seperti bunglon, kemampuan seperti ini membantu mereka bersembunyi dan menghindar dari terkaman predator.

John W. Rowe dan timnya dari Alma College di Michigan mengumpulkan kura-kura betina yang tengah mengandung ke sebuah laboratorium percobaan. Kura-kura tersebut kemudian diberikan suntikan oksitoksin.

Kura-kura kemudian dibagi kedalam dua kelompok. Satu kelompok ditaruh di atas tempat berwarna gelap dan terang selama 160 hari. Kelompok kedua, awalnya ditaruh di tempat berwarna gelap dan terang selama 80 hari, kemudian dipindahkan ke tempat lain dengan warna yang berlawanan selama 80 hari berikutnya. Para peneliti secara berkala mengukur intensitas perubahan warna kulit kura-kura. Pada hari ke-80, semua kura-kura berubah warna menjadi gelap atau terang sesuai dengan tempat mereka tinggal. Pada hari ke 160, kelompok kura-kura yang berada dalam pengawasan masih memperlihatkan warna yang sama.

Sementara kelompok lain yang berganti tempat segera mengganti warna kulit mereka sama seperti warna dasar tempat mereka berada. Hal ini mengonformasikan bahwa kura-kura bisa dengan sempurna mengikuti proses perubahan warna. 

Membedakan Lumba-Lumba Jantan Dan Betina

Urogenital adalah suatu sistem organ dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem urin/kencing dan sistem genital/reproduksi. Pada umumnya organ urogenital mamalia jantan dapat dilihat secara langsung. Tapi beberapa jenis seperti kelompok cetacea  (paus & lumba-lumba) memiliki struktur yang berbeda.

Organ urogenital jantan mamalia akan berakhir di suatu organ kopulasi yang disebut penis. Tapi bagaimana dengan kelompok cetacea? Ternyata pada kelompok mamalia air ini organ urogenital jantannya terdapat didalam tubuh, berbeda dengan pada manusia dan mamalia pada umumnya yang tergantung diluar tubuh. Penis pada kelompok cetacea terdapat didalam celah urogenital yang hanya keluar jika musim kawin tiba. Penis cetacea mampu masuk kedalam tubuhnya karena penisnya dapat digulung dengan rapi.

Bukan hanya jantan, organ urogenital betinanya juga terdapat didalam tubuh, sehingga pada kelompok cetacea ini agak sulit membedakan jantan betina secara langsung. Sama dengan jantan, organ muara urogenital betina terdapat didalam celah urogenital yang hanya saja pada betina celah ini memanjang hingga anusnya. Berikut ini saya gambarkan perbedaan jantan dan betina cetacea.



organ kopulasi pada lumba-lumba



orca yg sedang kawin
organ kopulasi pada orca

Penglihatan Ubur-Ubur Kotak

 
Tidak seperti ubur-ubur pada umumnya yang hanya bergerak mengikuti arus air, seekor ubur-ubur kotak beracun bisa begitu gesit berenang di air. Hal ini membuatnya istimewa karena di balik kemampuannya, ia memiliki mata yang mirip mata manusia.
 
Ubur-ubur kotak (kelas
Cubozoa) tergolong hewan laut yang sangat aktif, dapat bergerak cepat di antara rintangan dan berbelok hingga 180 derajat alias berbalik arah. Para ilmuwan memprediksi sebagian dari 24 mata yang dimiliki ubur-ubur kotak mampu menangkap gerakan objek yang ada di dekatnya sehingga dapat bergerak setangkas itu.

Dilihat dari perilakunya, menurut Anders Garm (ketua tim peneliti dari Universitas Lund, Swedia), ubur-ubur kotak berbeda dengan ubur-ubur pada umumnya. Rangkaian matanya terletak di struktur yang berbentuk mirip mangkuk yang tergantung di badannya yang berbentuk seperti kubus.

Kalau manusia hanya memiliki sepasang mata yang memiliki fungsi beragam dari mendeteksi warna, ukuran, bentuk, dan intensitas cahaya, ubur-ubur kotak memiliki empat buah mata yang masing-masing punya fungsi berbeda. Sepasang mata yang paling primitif hanya mendeteksi tingkat pencahayaan, namun sepasang mata lainnya lebih canggih karena dapat mendeteksi warna dan ukuran objek.

Untuk menguji cara kerja matanya, Garm meletakkan ubur-ubur kotak di sebuah ruangan yang berisi air mengalir dan memasukkan objek-objek berbeda untuk melihat reaksi ubur-ubur. Terlihat bahwa ubur-ubur dengan mudah menghindari objek yang berbeda ukuran dan warna namun kesulitan menghadapi objek yang transparan.

Temuan ini mengejutkan karena ubur-ubur satu-satunya hewan tingkat rendah dari filum Cnidaria yang memiliki mata sekompleks ini.

Awal Mula Tempat Komodo

Dari Australia 
Para saintis meyakini komodo dragon (Varanus komodoensis), berkembang dari Australia dan menyebar ke wilayah Indonesia yang kini menjadi 'rumah' mereka. Di waktu lampau, para peneliti menduga yang merupakan spesies hewan reptil terbesar di dunia,  berkembang biak di wilayah kecil yang terisolir di sebuah pulau di Indonesia. Mereka terus berkembang dan membesarkan struktur tubuh mereka sebagai respons terhadap kelemahan mereka dalam berkompetisi dengan hewan predator lain atau pemburu pada masa itu.

Setelah tiga tahun berlalu, tim ilmuwan internasional menemukan sejumlah besar fosil komodo dragon yang berasal dari wilayah timur Australia yang berumur sekira 300 ribu tahun hingga 4 juta tahun lalu.
























fosil komodo dragon yg di temukan di Gunung Etna, dekat Rockhampton di Queensland, Australia
Ketika para saintis membandingkan fosil yang ditemukan dengan tulang pada komodo dragon yang masih hidup sekarang, keduanya sangat identik. Selama 4 juta tahun, Australia telah menjadi rumah bagi reptil raksasa tersebut, termasuk juga Komodo megalenia yang berukuran lima meter dan punah sekira 40 ribu tahun lalu, pernah mendiami wilayah Australia.

Para peneliti menyebutkan, nenek moyang Komodo dragon kemungkinan besar berkembang biak di Australia dan populasinya menyebar hingga Pulau Flores di Indonesia sekitar 900 ribu tahun lalu. Hasil perbandingan antara fosil dan komodo dragons yang masih hidup di wilayah Flores memperlihatkan bahwa ukuran tubuh reptil tersebut tidak berubah alias tak berevolusi. 


Dari Afrika
Awalnya komodo diduga berasal dari Australia sebelum mereka bermigrasi ke Indonesia. Namun ditemukannya jejak-jejak komodo kuno di Afrika mulai meleburkan dugaan tadi. Binatang vertebrata Afrika yang berusia sekitar 30 juta tahun ini terkait dengan komodo yang hidup saat ini dan juga 50 jenis kadal lain dari genus Varanus. Ketika jenis kadal tersebut hidup di Afrika, benua itu masih dikelilingi lautan dan betul-betul terputus dari "daratan" yang menghubungkan dengan benua lain.

Jejak kadal Afrika ditemukan di sebuah wilayah yang dulunya merupakan danau. Temuan ini menunjukkan bahwa komodo merupakan perenang tangguh, seperti mereka saat ini. Kadal-kadal kuno itu panjangnya sekitar 1,5 m. Mereka diduga hanya berenang untuk jarak pendek. Namun, kemungkinan binatang ini biasa menyebrangi lautan tetaplah mungkin. Yang jelas upaya untuk mengungkap misteri komodo sampai ke Indonesia masih diselidiki.

Jumat, 12 November 2010

Keunikkan Kuda Laut



Kuda laut (Genus Hippocampus) merupakan salah satu hewan ikan yang berbeda baik dari bentuk maupun sifatnya. Hewan ini kerap disebut juga "tangkur naga" atau "naga air daun". Kuda laut terdiri dari 50 spesies berbeda dan mereka hidup di lautan tropis seluruh dunia. Mereka memiliki mata yg dapat berputar ke segala arah singga dapat melihat sekeliling tanpa mesti memalingkan kepala. Selain matanya yg dpt berputar ke segala arah, ada beberapa keuinkkan lainnya. Berikut ini saya tuliskan beberapa keistimewaan kuda laut.

Cara Berenang

 
Kuda laut berenang secara vertikal, naik turun, berbeda dengan ikan lainnya. Cara berenang kuda laut juga dipengaruhi oleh sistem yang sangat khusus. Kuda laut bergerak naik-turun di dalam air dengan cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya. Jika kantung renang ini rusak dan kehilangan sedikit udara, kuda laut tenggelam ke dasar laut. Kecelakaan yang sedemikian menyebabkan matinya kuda laut.

Jantanlah Yg Hamil
Kuda laut juga merupakan satu-satunya makhluk hidup dimana yang jantanlah yang hamil. Cara perkawinannya begini. Kuda laut betina akan bertarung menarik perhatian demi memperebutkan pejantan. Kemudian, kuda laut betina akan memasukkan telur ke dalam kantung perut jantan yang nanti kemudian akan dibuahi di dalam sana, kantung itu mengandung oksigen dan digunakan sebagai inkubator. Setelah telur terbentuk, pejantan akan mengerami telur-telur itu (sekitar 15-50 hari)  sampai mereka menetas dan keluar dari perut jantan sebagai miniatur orang tuanya. Pejantannya pun akan tetap merawat anak-anaknya ini.

gambar kuda laut jantan yg sedang hamil

gambar siklus hidup kuda laut


perbedaan jantan dan betina kuda laut
Setia
Keunikan lainnya, kuda laut adalah pasangan yang setia. Kebanyakan spesies dari Kuda Laut dikenal merupakan pasangan sehidup semati. Mereka hanya akan kawin dengan pasangannya. Hal ini merupakan sesuatu yang jarang terjadi di dalam dunia ikan.  

Empat Kepala Penis Pada Echidna

echidna berparuh pendek (Tachyglossus aculeatus)
Mungkin beberapa binatang memiliki doubel penis atau hemipenis seperti yang terdapat pada kadal, ular, dan ikan chondricthyes (ikan bertulang rawan), atau memiliki penis berkepala dobel yang terdapat pada marsupialia (mamalia berkantung), namun echidna (Genus Tachyglossus dan Genus Zaglossus) memiliki keunikan tersendiri, yaitu punya empat kepala penis.
gambar empat kepapa penis echidna
Para saintis terkejut dengan keanehan anatomi ini. Penis echidna ini tidak digunakan sebagai tempat keluarnya urin dan penis ini akan keluar dari tubuhnya saat ereksi. Saat kondisi istirahat, penisnya berada didalam kloaka. Echidna dan saudaranya, platipus, berasal dari kelompok yang sama yaitu monotremata, kelompok mamalia bertelur, memiliki kloaka (sama dengan burung dan reptil), kemampuan mengontrol temperatur tubuhnya rendah (sekitar 32 derajat celcius), dan memiliki otak yang ukurannya relatif kecil.

Sekarang, misteri keanehan anatomya hewan yang dikartunkan dengan tokoh knuckles (pada cerita sonic) ini terjawab sudah. Para ilmuwan menyatakan bahwa echidna jantan berejakulasi dengan hanya 2 kepala saja dalam sekali waktu. Ini artinya mirip dengan kebanyakkan kadal dan ular saat ejakulasi yang mana mereka memiliki double penis tapi cuma satu yang bekerja saat perkawinan berlangsung. Dua kepala penis lainnya "mati" dan tidak berkembang. Kepala-kepala penis ini digunakan secara bergantian tiap echidna berkopulasi.

Echidna yang hanya hidup di Australia dan New Guinea ini merupakan hewan pemalu dan rumit untuk diobservasi, sehingga awalnya para saintis belum mengetahui bagaimana fungsi kerja dari penis berkepala empat ini.

Teka-teki ini terjawab saat para saintis melakukan penelitian di kebun binatang di Australia yang disaksikan publik.

Catfish Raksasa Dari Thailand

Catfish Mekong raksasa atau patin raksasa (Pangasius gigas) merupakan catfish berukuran besar dan juga salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Dalam acara Mancing Mania di Trans7 pun pernah ditayangkan hewan besar ini. Ikan yang hidup di habitat sungai, laut, dan danau dengan penyebaran China, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar ini memiliki panjang hingga 3 meter dengan bobot mencapai 350 kg. Meskipun ukurannya yang begitu raksasa, mereka bukanlah pemangsa yang ganas. Catfish Mekong raksasa ini adalah pemakan tumbuhan dan serangga.
Tubuh mereka berwarna abu-abu hingga putih dan memiliki sedikit garis. Berat mereka dapat mencapai 150-200 kg hanya dalam waktu 6 tahun! Meskipun terlihat berbeda dengan bentuk catfish pada umumnya, mereka tergolong kelompok catfish, karena mereka memiliki "kumis" kecil di sekitar mulutnya. Subspesiesnya dibedakan berdasarkan total kumis dan jumlah giginya.
 
Dalam siklus hidupnya, Catfish Mekong raksasa ini akan melakukan perjalanan jauh. Ilmuwan telah mencatat bahwa hewan ini mencatat rekor migrasi, mereka menempuh jarak 1.000 km untuk bertelur. Perjalanan panjang ini berawal dari Laut China Selatan terus ke atas hingga menuju Sungai Mekong. Air di Sungai Mekong sangat terjal membuat Catfish Mekong raksasa sulit untuk menjalankan perjalanan jauh ini, hal yang tidak mungkin dilakukan oleh ikan Sungai Mekong lain. Perjalanan ini merupakan jenis catfish sungai kali pertama yang melakukan migrasi dengan rute laut menuju sungai untuk kawin. Dan seperti ikan pada umumnya, catfish Mekong melakukan perkawinan secara eksternal, yang kemudian meninggalkan benih-benih telur itu begitu saja setelah perkawinan.

Perbedaan Buaya Dan Aligator

Buaya dan aligator merupakan predator buas yg hidup di sekitar perairan. Meskipun terlihat sama sebenarnya diantara keduanya terdapat beberapa perbedaan. Berikut saya tuliskan beberapa perbedaanya itu.

Gigi Ke-4
Inilah perbedaan yg paling mencolok dari buaya dan aligator itu. Gigi ke-4 yg besar di rahang bawah seekor aligator masuk pada rongga di rahang atasnya, sehingga saat mulut tertutup tidak terlihat gigi yg menonjol ke atas. Sebaliknya, pada buaya, gigi ini terlihat bahkan ketika mulutnya tertutup.
gambar perbandingan gigi ke-4 buaya dan aligator saat mulut tertutup

Moncong
Buaya memiliki moncong panjang dan menyempit, cenderung membentuk huruf "V". Sementara aligator memiliki moncong yg pendek, lebar, dan berbentuk huruf "U".
gambar perbandingan moncong buaya dan aligator

Warna
Aligator memiliki warna tubuh gelap dan nampak kehitaman. Sementara buaya lebih terang, tampilannya cenderung kehijauan atau kecoklatan.
warna tubuh aligator (kanan) terlihat lebih gelap dibandingkan buaya (kiri).

Keluarga Aligator Dan Buaya
Aligator termasuk Famili Alligatoridae, terdiri dari 2 spesies aligator dan 6 spesies caiman. Contoh spesies-spesies tersebut diantaranya, caiman hitam (Melanosuchus niger), Caiman bermoncong lebar (Caiman
latirostris), caiman Yascare (Caiman yacare), aligator Amerika/aligator Mississippi (Alligator mississippiensis), dan Aligator China (Alligator sinensis).
 contoh beberapa spesies aligator

Buaya tergolong Famili Crocodylidae dan terdapat 15 spesies, diantaranya buaya muara/buaya estuarium/buaya air asin (Crocodylus porosus), buaya Sungai Nil (Crocodylus niloticus), buaya Papua (Crocodylus novaeguineae), buaya Siam (Crocodylus siamensis), buaya Orinoco (Crocodylus intermedius) dan buaya Amerika (Crocodylus acutus).
 
contoh beberapa spesies buaya

Panjang Tubuh
Ukuran tubuh buaya jauh lebih besar dibandingkan aligator. Caiman memiliki panjang 1,2-2 m, sementara aligator memiliki panjang sampai 4 m. Pada buaya memiliki panjang tubuh yg beragam, mulai dari 1,5 m sampai 6 m. Panjang tubuh pejantan lebih besar di bandingkan yg betina.

Aligator terbesar yg diketahui panjangnya mencapai 5,84 m. Sementara buaya terbesar adalah buaya muara atau buaya air asin. Sumber Wikipedia Bahasa Indonesia mengatakan di Sangatta, Kalimantan Timur, terdapat
buaya muara sepanjang 12 m. Tetapi, Guinness Book of World Records mencatat buaya yg terbesar adalah sepanjang 23 kaki (7 meter) yg terdapat di India.
atas: salah satu buaya terbesar yg terabadikan kamera
bawah: salah satu aligator terbesar yg terabadikan kamera

Tempat Hidup
Buaya dan aligator hidup di daerah tropis dan subtropis. Aligator hanya di temukan di beberapa tempat saja. Aligator hidup di Amerika Serikat dan China biagian tenggara, sementara caiman banyak di temukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buaya ditemukan di banyak tempat di belahan dunia. Mereka hidup di Florida, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Pakistan, India, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), dan Ausralia. Buaya muara/buaya air asin bahkan ditemukan di pulau2 terpencil di Samudra Pasifik. Mereka di ketahui mampu berenang di lautan dg jarak yg cukup jauh.

Meskipun buaya dan aligator ada yg ditemukan di wilayah yg sama, mereka tidak hidup berdekatan. Misalnya, di Kepulauan Florida, buaya Amerika ditemukan di dekat laut yg sebagian airnya asin, sementara aligator di temukan di dekat daratan yg berair tawar.

Kelenjar Garam Lidah
Buaya berbeda dari aligator dan caimans dari segi fungsi kelenjar garam di dalam lidah mereka. Secara struktural, ini merupakan modifikasi dari kelenjar ludah. Kelenjar pada aligator serta caiman telah kehilangan fungsi mengeksresikan sejumlah besar kandungan garam. Aligator dan caiman tak mampu melakukan osmosis, untuk mengeluarkan kelebihan garam melalui kelenjar lidah, sehingga mereka hidup di air tawar semua. Berbeda dg aligator dan caiman, buaya dapat hidup di air asin, seperti laut.