Loading...
Kamis, 08 Juli 2010

Ikan Gergaji

Ikan gergaji atau sawfish masih termasuk famili ikan pari (famili Pristidae). Mereka memiliki ciri moncong panjang bergigi. Beberapa spesies bisa tumbuh mencapai 7 meter atau 23 kaki, bahkan dikabarkan telah ditemukan dengan panjang 9 meter. Semua jenis ikan gergaji tergolong hewan terancam punah.
Ciri khas dari ikan gergaji ini adalah rostum atau moncongnya yg seperti gergaji. Rostumnya yang merupakan tulang rawan diselimuti pori yg sensitif pada gerakan dan listrik untuk mendeteksi pegerakan dan detak jantung mangsa dimana. Ini juga bisa mereka gunakan untuk menggali udang yg terkubur atau melukai makanannya. Ikan gergaji juga diketahui mempertahankan dirinya dengan rostum dari musuhnya seperti hiu dan penyelam. Rostum ikan gergaji memiliki "gigi" sebanyak 16-20 buah, sementara di mulutnya terdapat 80-160 buah gigi. "Gigi" yg berada di rostumnya itu bukanlah gigi sebenarnya, tapi modifikasi dari struktur mirip gigi yg disebut denticles. Rostum ini panjangnya 1/5 dari panjang tubuh ikan gergaji. Ikan ini juga memiliki sirip dada (pectoral fin) yang menyatu dengan kepala dengan sedikit lemak dan otot.
Moncong ikan gergaji
Seperti ikan bertulang rawan lain, ikan gergaji kehilangan kantung renang sehingga mereka menggunakan hati yang kaya akan minyak sebagai penggantinya. Tubuh dan kepalanya pipih dan memungkinkan mereka untuk menghabiskan waktunya berbaring di dasar laut. Seperti pari, mulut, insang, dan lubang hidung ikan gergaji berada di tubuh bagian bawah. Mulutnya kecil dan memiliki gigi berbentuk kubah yg berguna saat mereka makan meski terkadang mereka juga langsung menelan makanannya. Ikan gergaji bernapas dengan kedua spirakel yg berada di belakang matanya, mengambil sejumlah air ke insangnya. Kulitnya kasar karena dilindungi dermal denticles kecil. Tubuhnya terkadang berwarna abu-abu atau cokelat, bahkan ikan gergaji bergigi kecil (Pristis pectinata) memiliki warna hijau.
Anatomi ikan gergaji
Ikan gergaji adalah hewan nokturnal, istirahat pada siang dan mulai berburu hewan kecil air pada malam hari. Walau terlihat menyeramkan, mereka adalah hewan tenang dan tidak akan menyerang manusia bila mereka tidak diganggu.
Meski memiliki penampilan sama dg hiu gergaji, ikan gergaji bukanlah hiu gergaji atau sawshark. Ikan gergaji memiliki ukuran yg lebih besar, tidak memiliki sungut, dan insang yg berada di bagian perut. Keduanya juga memiliki habitat yg berbeda. Hiu gergaji tinggal di laut dalam, sementara ikan gergaji hidup di perairan dangkal dan berlumpur. Mereka juga bisa dijumpai di muara dan teluk dangkal, sehingga mereka bisa hidup di air tawar dan air asin. Ikan gergaji ditemukan di daerah tropis dan subtropis di Atlantik dan Indo-Pasifik. 
ikan gergaji
hiu gergaji



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP