Loading...
Selasa, 03 Januari 2012

Hewan-Hewan Peniru Tawon

Tawon biasa (Paravespula vulgris)
Tawon merupakan hewan agresif, sedikit saja diganggu, mereka akan marah dan menyerang dengan sengatnya yang beracun. Beberapa hewan memanfaatkan bentuk dan waran mereka yang serupa dengan tawon. Calon predator terkadang keliru mengira bahwa hewan bergaris-garis kuning hitam adalah seekor tawon, sehingga mereka segera menghindari. Caranya meniru warna dan bentuk tawon dapat menipu predator. Berikut ini adalah para peniru tawon.






Lalat Hover
Kadang-kadang disebut juga lalat bunga atau lalat syrphid. Lalat hover dewasa sering terlihat hinggap di bunga untuk menghisap nektar. Saat larva, mereka memakan bermacam makanan, bahkan kutu daun dan serangga penghisap tanaman. Ada sekitar 6 ribu spesies lalat hover, mereka dapat ditemukan di seluruh dunia kecuali antartika. Karena warna tubuhnya, lalat hover sering keliru dianggap tawon atau lebah. Lalat hover sebenarnya tidak berbahaya, namun mimikri mereka dapat mengusir predator.

Kumbang Tawon (Clytus arietis)

Kumbang tawon adalah spesies kumbang tanduk panjang yang berukuran 2 cm. Kumbang tawon saat larva memakan kayup-kayu mati namun terkadang juga kayu pohon hidup, sementara saat dewasa mereka mencari nektar dan serbuk sari dari bunga-bunga. Mereka berada di Inggris, Wales, dan sebagaian Skotlandia. Dengan garis-garis kuning hitam di tubuhnya, membuat mereka mirip dengan tawon.


Mantisfly
Ada sekitar 400 spesies mantisfly, terutama berada di daerah tropis dan subtropis.  Mantisfly berburu dengan cara menyambar mangsa dengan kaki depannya. Kaki depan, toraks panjang dan mata yang besar membuat mereka mirip belalang sembah. Mantisfly dewasa adalah predator serangga lainnya, seperti belalang sembah, sementara larva bersifat parasit, memakan lebah, tawon, kumbang, bahkan telur laba-laba. Kebanyakkan mantisfly berwarna perpaduan kecoklatan dengan hijau, kuning, atau merah. Namun beberapa spesiesnya seperti Mantispa climaciella, dan Climaciella brunnea memiliki warna seperti tawon.

Ngengat Hornet (Sesia apiformi)
Ngengat hornet atau hornet sayap terang merupakan ngengat imitasi hornet yang brilian. Meskipun demikian mereka tidak berbahaya. Larvanya tinggal didalam kayu dan makan disana. Ngengat dewasanya biasa dijumpai di lapang golf, pagar tanaman, taman, lubang-lubang, dan perkebunan di Inggris dan Wales.

Ngengat Texas Tawon (Horama panthalon)
Adalah ngengat yang ditemukan di sebagian besar Amerika Selatan, Meksiko utara, Arizona selatan, selatan New Mexico, Texas dan Florida. Ngengat texas tawon memiliki lebar sayap 32-34 mm. Mereka meniru tawon kertas jenis Polistes.

Nengat Kismis (Synanthedon tipuliformis)
Ngengat ini berasal dari Eropa, namun sekarang bisa dijumpai di Asia, Amerika Utara, Australia, dan Selandia baru. Mereka merupakan hama serius sejumlah tanaman seperti kismis, gooseberries, black alders, and sumacs.

Robberfly (Ceraturgus fasciatus)

Lalat Ornate Snipe

Katydid
 
Belalang



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP