Loading...
Rabu, 30 Juni 2010

Kelelawar Terbesar & Terkecil

Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 950 spesies berbeda dari kelelawar. Dan semuanya memiliki berbagai jenis ukuran tubuh. Tapi pada  umumnya kelelawar bertubuh kecil, tidak lebih besar dari seekor tikus jika diberi sepasang sayap.


Kelelawar Eropa terbesar, kelelawar noctule besar (Nyctalus lasiopterus), panjangnya sekitar 8 cm dg bentangan sayap 46 cm. Kelawar yg juga hidup di Barat Asia dan Afrika Utara ini adalah pemakan serangga dan burung kecil. Mereka melakukan hibernasi dari Desember hingga Februari.
kelelawar noctule besar
Kelelawar berbintik (Euderma maculatum) adalah kelelawar terbesar Amerika Utara. Kelelawar pemakan serangga ini memiliki panjang 12 cm, bentangan sayap 35 cm dengan telinga besar (panjangnya 5 cm) berwarna merah muda. Mereka ditemukan di Arzona, California, Colorado, Utah, dan Canada. Hewan yg berhabitat di hutan konifer, padang rumput, rawa, gurun, dan tepi sungai ini melakukan perkawinan di bulan Juni atau Juli.
kelelawar berbintik

Kelelawar terbesar di dunia adalah kalong (Pteropus vampyrus) yang merupakan kelelawar yg terdapat di daerah Asia Tenggara seperti Malaysia, Kamboja, Thailand, Brunei, dan Indonesia. Tetapi kelelawar pemakan buah ini juga ditemukan di India. Bentangan sayap kalong mencapai 2 meter. Bentangan sayap kelelawar ini lebih panjang daripada tubuhnya sendiri. Kelelawar ini dikenal juga rubah terbang besar (large flying fox), walalupun sebenarnya mereka tidak sebesar rubah. Kelelawar ini adalah hewan nokturnal, aktif pada malam hari dan menghabiskan siang hari dengan bergelantungan di pohon.

kalong / rubah terbang

Kelelawar lainnya bertubuh mungil. Adalah kelelawar kitti hidung babi (Craseonycteris thonglongyai) yang merupakan terkecil dari semuanya, bahkan termasuk mamalia terkecil di dunia. Panjang kelelawar yg dikenal juga dg kelelawar bublebee ini hanya 29-33 mm dengan berat 2 gram saja. Sangking kecilnya, kelelawar ini bahkan bisa hinggap di jari manusia. Kelelawar Kitti hidung babi ini baru ditemukan sekitar tahun 1973. Kelelawar yg terdapat di Thailand dan Myanmar ini adalah pemakan serangga dan laba-laba. 

kelelawar kitti hidung babi



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

1 komentar:

  1. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di F*A*N*S*P*O*K*E*R

    BalasHapus

 
TOP