Loading...
Sabtu, 03 Juli 2010

Ikan Predator Terbesar Sepanjang Sejarah

Hiu putih besar (Carcharodon carcharias) merupakan ikan predator teratas dan merupakan salah satu pemangsa ganas di lautan. Hiu putih memiliki panjang rata-rata 4-7 m, sementara hiu putih terpanjang yg ditemukan adalah sepanjang 11 meteran. Sejarah mencatat hiu putih telah ada di bumi ini sejak zaman prasejarah. Fosil gigi yg berukuran sebesar plang rambu lalu lintas menunjukkan hewan itu berukuran lebih besar dari hiu putih yg hidup saat ini.
fosil gigi Megalodon

Hiu putih prasejarah itu diyakini sebagai spesies yg berbeda dg yg hidup saat ini, kemudian ilmuwan pun memberi nama Megalodon (Charcharodon megalodon). Hiu yg hidup pd periode Oligocene hingga Pleistocene (25-1,5 juta tahun lalu) itu merupakan ikan pemangsa yg paling besar dan terkuat yg pernah ada. Nama megalodon berasal dr bahasa Yunani yg artinya "gigi besar".

Kebanyakkan ilmuwan menyebutkan megalodon memiliki panjang 18-20,3 m, tetapi pada 1994 seorang biologis lautan, Patrick J. Shembri, mengklaim panjang maksimum mereka bis mencapai 25 meter. Panjang megalodon ini jauh lebih besar daripada ikan terbesar saat ini, hiu paus (Rhicodon typus). Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka adalah hiu putih dg versi yg lebih gemuk dan besar. Bukit fosil menunjukan bahwa mereka hidup tersebar di seluruh lautan. 

  perbandingan megalodon
Megalodon merupakan predator super, bekas gigitan yg memfosil menyatakan bahwa mereka memangsa bahkan hewan laut besar lainnya seperti cetacea (paus dan lumba-lumba). 
megalodon menyerang seekor paus

Penggalian
Fosil gigi berbentuk segitiga kerap kali ditemkan di formasi rocky, dan saat itu diyakini ini merupakan bagian dari ular dan naga. Baru pada tahun 1667 Nicolaus Steno membenarkan bahwa fosil itu merupakan gigi hiu purba. Dia menuliskan penemuannya itu dalam sebuah buku, The Head of a Shark Dissected. Pada 1835 seorang naturalis, Louis Agassiz memberi nama saintifik Carcharodon megalodon pada hiu purba itu.

Selain gigi, ditemukan juga fosil tulang belakang, dimana salah satu ruas tulang belakang megalodon diameternya lebih dari 225 mm, dan merupakan ukuran terbesar dalam spesies hiu yg telah diketahui. Fosilnya ditemukan di berbagai tempat di Bumi, diantaranya Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Australia, Afrika, Jepang, Selandia Baru, dan India

Kekuatan Gigitan
Pada tahun 2008, tim ilmuwan yg di pimpin oleh Stephen Wroe melakukan eksperimen untuk mengukur kekuatan rahang dari megalodon. Hasilnya mereka mampu melakukan gigitan dg sebesar 182000 newton (N). Ini artinya kekuatannya 10 kali lebih kuat daripada hiu putih besar. dan 5 kali lebih kuat daripada T-rex.


rahang megalodon



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

3 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami
    di fanspoker^^com || karna difans anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar
    ayo tunggu apa lagi segera di add pin bb kami 55F97BD0 || saya tunggu di add nya ya...

    BalasHapus

 
TOP