Loading...
Jumat, 12 November 2010

Catfish Raksasa Dari Thailand

Catfish Mekong raksasa atau patin raksasa (Pangasius gigas) merupakan catfish berukuran besar dan juga salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Dalam acara Mancing Mania di Trans7 pun pernah ditayangkan hewan besar ini. Ikan yang hidup di habitat sungai, laut, dan danau dengan penyebaran China, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar ini memiliki panjang hingga 3 meter dengan bobot mencapai 350 kg. Meskipun ukurannya yang begitu raksasa, mereka bukanlah pemangsa yang ganas. Catfish Mekong raksasa ini adalah pemakan tumbuhan dan serangga.
Tubuh mereka berwarna abu-abu hingga putih dan memiliki sedikit garis. Berat mereka dapat mencapai 150-200 kg hanya dalam waktu 6 tahun! Meskipun terlihat berbeda dengan bentuk catfish pada umumnya, mereka tergolong kelompok catfish, karena mereka memiliki "kumis" kecil di sekitar mulutnya. Subspesiesnya dibedakan berdasarkan total kumis dan jumlah giginya.
 
Dalam siklus hidupnya, Catfish Mekong raksasa ini akan melakukan perjalanan jauh. Ilmuwan telah mencatat bahwa hewan ini mencatat rekor migrasi, mereka menempuh jarak 1.000 km untuk bertelur. Perjalanan panjang ini berawal dari Laut China Selatan terus ke atas hingga menuju Sungai Mekong. Air di Sungai Mekong sangat terjal membuat Catfish Mekong raksasa sulit untuk menjalankan perjalanan jauh ini, hal yang tidak mungkin dilakukan oleh ikan Sungai Mekong lain. Perjalanan ini merupakan jenis catfish sungai kali pertama yang melakukan migrasi dengan rute laut menuju sungai untuk kawin. Dan seperti ikan pada umumnya, catfish Mekong melakukan perkawinan secara eksternal, yang kemudian meninggalkan benih-benih telur itu begitu saja setelah perkawinan.


Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

4 komentar:

  1. Kalau makanan utama lele itu apa ya??

    BalasHapus
  2. ikan lele itu merupakan bottom feeder atau memakan organisme2 dasar air seperti lumut, zooplankton, dan bisa juga alga. Tapi kalau giant catfish mekong ini saat masih "bayi" dikenal kanibalisme.

    BalasHapus
  3. itu ikan patin mas.di kalimantan timur ada kok,coba z ekpedisi kesini,g heran sih,tpi lumayan menarik kok.

    BalasHapus
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    BalasHapus

 
TOP