Loading...
Minggu, 14 November 2010

Membedakan Lumba-Lumba Jantan Dan Betina

Urogenital adalah suatu sistem organ dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem urin/kencing dan sistem genital/reproduksi. Pada umumnya organ urogenital mamalia jantan dapat dilihat secara langsung. Tapi beberapa jenis seperti kelompok cetacea  (paus & lumba-lumba) memiliki struktur yang berbeda.

Organ urogenital jantan mamalia akan berakhir di suatu organ kopulasi yang disebut penis. Tapi bagaimana dengan kelompok cetacea? Ternyata pada kelompok mamalia air ini organ urogenital jantannya terdapat didalam tubuh, berbeda dengan pada manusia dan mamalia pada umumnya yang tergantung diluar tubuh. Penis pada kelompok cetacea terdapat didalam celah urogenital yang hanya keluar jika musim kawin tiba. Penis cetacea mampu masuk kedalam tubuhnya karena penisnya dapat digulung dengan rapi.

Bukan hanya jantan, organ urogenital betinanya juga terdapat didalam tubuh, sehingga pada kelompok cetacea ini agak sulit membedakan jantan betina secara langsung. Sama dengan jantan, organ muara urogenital betina terdapat didalam celah urogenital yang hanya saja pada betina celah ini memanjang hingga anusnya. Berikut ini saya gambarkan perbedaan jantan dan betina cetacea.



organ kopulasi pada lumba-lumba



orca yg sedang kawin
organ kopulasi pada orca



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

2 komentar:

  1. kalu niat mau ngasih informasi gak usah di watermark dong gambarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu biar sumbernya klo org ngocopy...
      tp gk sampe menghalangi/menutupi gmbr banget kan

      Hapus

 
TOP