Loading...
Minggu, 14 November 2010

Kura-Kura Juga Bisa Berubah Warna

kura-kura brazil
Tahukah Anda bahwa kura-kura memiliki kemampuan mirip bunglon? Kulit dan cangkangnya bisa berubah-ubah warna mengikuti tempat dia berada. Sama seperti bunglon, kemampuan seperti ini membantu mereka bersembunyi dan menghindar dari terkaman predator.

John W. Rowe dan timnya dari Alma College di Michigan mengumpulkan kura-kura betina yang tengah mengandung ke sebuah laboratorium percobaan. Kura-kura tersebut kemudian diberikan suntikan oksitoksin.

Kura-kura kemudian dibagi kedalam dua kelompok. Satu kelompok ditaruh di atas tempat berwarna gelap dan terang selama 160 hari. Kelompok kedua, awalnya ditaruh di tempat berwarna gelap dan terang selama 80 hari, kemudian dipindahkan ke tempat lain dengan warna yang berlawanan selama 80 hari berikutnya. Para peneliti secara berkala mengukur intensitas perubahan warna kulit kura-kura. Pada hari ke-80, semua kura-kura berubah warna menjadi gelap atau terang sesuai dengan tempat mereka tinggal. Pada hari ke 160, kelompok kura-kura yang berada dalam pengawasan masih memperlihatkan warna yang sama.

Sementara kelompok lain yang berganti tempat segera mengganti warna kulit mereka sama seperti warna dasar tempat mereka berada. Hal ini mengonformasikan bahwa kura-kura bisa dengan sempurna mengikuti proses perubahan warna. 



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

1 komentar:

 
TOP