Loading...
Rabu, 19 Januari 2011

Apa Sebenarnya Yg Berada Di Sekitar Mulut Paus Tepat?

Paus tepat atau paus sebenarnya atau right whale merupakan paus balen dari genus Eubalaena yg terdiri dari empat spesies berbeda. Tampilan mereka memang terlihat aneh. Di sekitar mulutnya dipenuhi bejolan-benjolan seperti kutil. Tapi apa sebenarnya itu?
paus tepat utara (Eubalaena glacialis)
paus tepat selatan (Eubalaena australis)
Paus tepat memiliki jaringan besar yg timbul di sekitar kepala mereka atau disebut juga dengan callosity (Kah-laus'-eh-tee). Callosity pada paus tepat umumnya muncul di bagian atas kepala ikan paus, dan dagu, rahang dan di atas mata mereka. Jaringan callosity ini memiliki warna gelap yg sama seperti kulit paus tepat, tetapi jadi berwarna terang karena penuh dg jutaan cyamid (Si-am'-id) atau "kutu paus" jerwarna putih atau kuning . Jutaan cyamid ini hidup di kepala paus dan dapat menutupi lapisan dalam callosity. Warna terang cyamid ini menjadikan kontras teradap kulit paus yg gelap.
paus moncong tepat dari dekat
cyamids atau kutu paus yg tinggal di callosity paus tepat

Callosity membentuk pola dan penempatan yang unik untuk setiap individunya, seperti sidik jari kita. Hal ini membuat mereka sebuah alat yang sangat berguna untuk keperluan foto identifikasi dan konservasi.Callosity ini sudah ada begitu mereka lahir, tetapi polanya tidak tetap selama 7-10 bulan kemudian. Meskipun ketinggian callosity bisa berubah selama paus hidup (tumbuh ke atas dan putus berulang-ulang), posisi callosity pada kepala paus biasanya tetap stabil. Dalam kasus yg sangat jarang, beberapa jaringan callosity pada paus dewasa berkembang di tempat-tempat baru atau menghilang.

Kenapa Dinamakan Right Whale (Paus Tepat)?

Paus tepat merupakan perenang yg lambat. Karenanya para pemburu dapat mudah menangkap mereka dan saat mereka akan mengapung ke permukaan saat mati serta mereka juga sering berenang dekat pantai. Para pemburu menganggap paus ini "right" ones to hunt atau "tepat" untuk diburu.


Bentuk Semburan "V" Paus Tepat
Selain dari callosity-nya, paus tepat juga dapat diidentivikasi lewat semburan udaranya. Paus tepat memiliki semburan khas yg berbentuk huruf "V".



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP