Loading...
Selasa, 28 Desember 2010

Antara Lumba-Lumba, Paus, Dan Porpoise


Ordo Cetacea merupakan mamalia yg hidup di dalam air, dan pada umumnya mereka adalah hewan yg sangat cerdas. Anggota dari cetacea sendiri adalah paus, lumba-lumba, dan porpoise. Sering kali orang keliru, mengganggap bahwa lumba-lumba adalah porpoise dan porpoise adalah lumba-lumba. 

PERBEDAAN PAUS DENGAN DELPHINOIDEA (LUMBA-LUMBA & PORPOISE)
1. Sirip Punggung (Sirip Dorsal)
Sirip punggung Delphinoidea letaknya berada di tengah-tengah punggungnya, sementara paus memiliki sirip punggung yg lebih condong berada ke belakang dekat dengan sirip ekor dan beberapa jenis paus kehilangan sirip punggungnya.
sirip punggung pada paus dan Delphinoidea

2. Lubang Udara (Blowhole)
Semua Delphinoidea (lumba-lumba dan porpoise) memiliki sebuah lubang udara. Paus baleen umumnya ada dua lubang udara, paus bergigi seperti paus sperma memiliki satu buah lubang udara.
lubang hidung pada paus dan Delphinoidea
3. Gigi dan Baleen
Semua Delphinoidea bergigi, sementara paus umumnya memiliki baleen yg berada pada rahang atasnya. Baleen merupakan lembaran zat tanduk elastis yg embentuk seperti barisan buku. Fungsinya sebagai filter raksasa, menyaring antara plankton dan air laut saat makan. Beberapa jenis paus lainnya memiliki gigi bukan baleen, seperti paus sperma.
baleen pada paus dan gigi pada Delphinoidea
4. Ukuran Tubuh
Dari segi ukuran, secara umum paus jauh lebih besar dibandingkan Delphinoidea. Delphinoidea yg terbesar adalah paus pembunuh (terbesar tercatat 9,8 m dg bobot 10 ton), sementara paus terbesar adalah paus biru (terbesar tercatat 33 m dg bobot 180 ton).
perbandingan ukuran paus dan delphinoidea

PENGELOMPOKAN
Ordo Cetacea terbagi 2 kelompok utama berbeda, Mysticeti (paus baleen) dan Odontoceti (paus bergigi). Odontoceti termasuk paus bergigi dan Delphinoidea, dimana Delphinoidea adalah porpoise (Phocoenidae) dan lumba-lumba (Delphinidae). Porpoise terdapat 6 spesies berbeda, sementara lumba-lumba ada 32 spesies berbeda.

PERBEDAAN LUMBA-LUMBA DAN PORPOISE
 1. Ukuran
Porpoise memiliki ukuran yg lebih kecil dari lumba-lumba. Porpoise jarang yg memiliki panjang tubuh lebih dari 2 m, sementara lumba-lumba bahkan ada yg bisa mencapai 9 m, yaitu paus pembunuh. Porpoise merupakan cetacea terkecil,  spesies terkecil adalah porpoise Vaquita (Phocoena sinus) yg memiliki panjang 1,5 meter. Dari segi bobot, yang paling ringan adalah porpoise tanpa sirip atau finless porpoise (Neophocaena phocaenoides) dg 30 sampai 45 kilogram, sementara porpoise terberat adalah dall's porpoise (Phocoenoides dalli) dg 130-200 kilogram beratnya.
porpoise terberat, terkecil, dan porpoise teringan

2. Bentuk Tubuh
Lumba-lumba memiliki tubuh yg ramping, sementara tampilan porpoise cenderung gemuk. Karena ukurannya yg begitu kecil, porpoise kehilangan panas tubuh lebih cepat dibandingkan lumba-lumba dan paus. Tetapi bentuk tubuh yg gemuk membuatnya mampu beradaptasi dg hal itu. Bentuk tubuhnya yg kecil mengharuskan porpoise makan sesering mungkin, mereka tidak memakai cadangan lemaknya.

porpoise memiliki tubuh yg lebih gemuk dibandingkan lumba-lumba

3. Sirip Punggung
Bentuk sirip punggung (sirip dorsal) porpoise umumnya berbentuk segitiga, tampak seperti sirip hiu. Lumba-lumba (dan juga paus) yg bentuk sirip punggungnya agak melengkung. Ada jenis porpoise bahkan tidak memiliki sirip punggung.
perbedaan bentuk sirip punggung porpoise dan lumba-lumba
4. Gigi
Lumba-lumba dan porpoise memiliki gigi di rahangnya. Gigi porpoise berbentuk sekop dan rata, sementara gigi lumba-lumba tajam berbentuk kerucut.
perbedaan bentuk gigi porpoise dan lumba-lumba
5. Bentuk Kepala
Bentuk kepala porpoise adalah bulat dan tidak memiliki moncong. Sementara lumba-lumba memiliki benjolan di dahinya dan memiliki moncong.
perbedaan bentuk kepala lumba-lumba dan porpoise
6. Harapan Hidup
Porpoise umumnya dapat hidup 8 sampai 10 tahun. Lumba-lumba (dan juga paus) dapat berusia lebih dari 50 tahun.


7. Tingkah Laku
Porpoise berbeda dg cetacea lainnya, mereka merupakan hewan pemalu dan bukan hewan akrobatik. Mereka sangat jarang terlihat melompat keluar air dan mendekati orang atau perahu yg datang. Sementara lumba-lumba umumnya akan mendekati benda-benda asing yg ada disekitar, sehingga kerap kali terlihat dekat dg nelayan. Lumba-lumba merupakan hewan interaktif. Porpoise jarang terlihat di permukaan, kecuali saat ia ingin bernapas.
lumba-lumba kerap mendekati kapal yg ada, bertolak belakang dg porpoise
8. Penangkaran
Lumba-lumba sering terlihat di pertunjukan hewan laut, tetapi tidak porpoise. Porpoise jarang terlihat di penangkaran di kebun binatang atau oceanaria, karena mereka umumnya tidak mampu beradaptasi dengan kehidupan kolam buatan, dan mereka juga tidak mudah dilatih akrobatik seperti lumba-lumba.
lumba-lumba merupakan hewan akrobatik sehingga sering terlihat dalam sebuah show



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

3 komentar:

  1. terima kasih infonya. saya penerjemah buku Arab, menemukan kata خنزير البحر yang secara harfiah berarti babi laut. tetapi tentunya bukan babi laut dalam pengertian orang Indonesia. saya cari di google ternyata ketemu padanan porpoise. saya lihat gambarnya dan saya pikir itu lumba-lumba, tetapi orang Arab juga menyebut lumba-lumba sebagai دلفين, yaitu dolphin. di situs ini barulah saya tahu perbedaan antara dolphin dan porpoise. kalau boleh saya minta izin memakai gambarnya untuk dipakai dalam buku, tentu saya sebutkan sumbernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas tinggal dimana... Boleh minta kontak nya??

      Hapus
  2. silahkan aja gan...moga2 jadi ilmu yg bermanfaat..
    :D

    BalasHapus

 
TOP