Loading...
Kamis, 20 Mei 2010

Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air Terjun Angel di Venezuela merupakan air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian nyaris mencapai 1 mil atau hampir 1000 meter. Tingginya dua kali tinggi Air Terjun Yosemite dan 30 kali tinggi Air Terjun Niagara.

Air Terjun yg masuk sebagai kandidat new 7 wonders ini sudah diketahui penduduk asli selama berabad-abad, sebagaimana Churun Meru, namun dilaporkan untuk pertama kalinya di dunia pada November 1933 oleh seorang pilot dan petualang dari Amerika, Jimmy Angel, sesuai dgn nama air terjunnya.

Air terjun ini mendapatkan pasokan air yang mengalir dg jarak 300 mil persegi (780 km persegi) dari plato Auyan Tepui yg berada di daratan tinggi Guinea, lalu mengalir ke dalam Sungai Churun (Caroni). Plato ini sangat basah, dengan curah hujan sebesar 762 cm per tahunnya.

Letak yg terpencil membuat Angel bersama istrinya dan dua pendaki lainnya mengalami petualangan yg hebat. Pengukuran tinggi air terjun ini baru dilakukan pada 1949 yg dipimpin oleh seorang wartawan, Ruth Robertson yg kemudian secara resmi memberikan konfirmasi bahwa Air Terjun Angel merupakan air terjun yg tertinggi di dunia.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP