Loading...
Kamis, 20 Mei 2010

Fosil Dinosaurus Penggali Sarang

Fosilnya ditemukan bersama dua fosil dinosaurus anakan di dalam sebuah lorong sepanjang 2,1 meter yang berisi endapan. Para peneliti yang menemukan mengatakan temuan ini merupakan bukti pertama yang menunjukkan seekor dinosaurus yang merawat anaknya di dalam tanah. Karena belum pernah ditemukan sebelumnya, ia diklasifikasikan sebagai spesies baru dan diberi nama Oryctodremeus cubicularis.







Spesies yang diperkirakan hidup 95 juta tahun lalu itu, memiliki panjang tubuh sekitar 2,1 meter dari ujung moncong hingga ekornya. Namun, dengan diameter perut sekitar 30 centimeter, tubuhnya sebenarnya tergolong kecil karena ekornya sendiri sepanjang 1,2 meter. Sarang yang dibuatnya berbentuk cekungan di dalam tanah dengan dua belokan tajam sebelum berakhir di sebuah ruangan.

Menurut tim penelitinya, arsitektur sarang yang seperti ini mirip dengan sarang hyena dan sejumlah hewan pengerat. Fosil-fosil tersebut ditemukan di endapan kasar yang dibawa banjir di zaman purba. Namun, Dr. David Varricchio dari Montana State University dan koleganya mengatakan mereka mungkin tidak mati karena banjir. Fosil tulang-tulangnya ditemukan secara terpisah, dan mereka diperkirakan tidak dalam posisi hidup. Menurut Dr.  David Varricchio, diperkirakan dinosaurus itu sudah mati saat banjir terjadi dan menguburnya hingga menjadi fosil. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B. 



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP