Loading...
Kamis, 20 Mei 2010

Raksasa Daratan

Dinosaurus merupakan reptil raksasa yg pernah ada. Zaman Jurassic (205-140 juta tahun yang lalu) merupakan masa keemasan dinosaurus. Di zaman ini ditemukan dinosaurus karnivora ganas seperti Allosaurus juga banyak ditemukan dinosaurus raksasa berleher panjang raksasa atau sauropoda.

Salah satu diantaranya menjadi hewan terpanjang dan hewan daratan terbesar yg pernah ada. Sauropoda itu adalah Seismosaurus  (Diplodocus hallorum). Dengan panjang 38-52 meter dan berat mencapai 98 ton (setara dengan berat 20 eor gajah dewasa), Seismosaurus menjadi hewan terpanjang dan hewan darat terbesar yg pernah ada. Ukurannya jauh lebih panjang dari hewan terbesar saat ini, paus biru (32 meter), namun paus biru lebih berat (160 ton). Seismosaurus sendiri berarti "reptil pengguncang dunia".







perbandingan seismosaurus dengan manusia

Fosilnya pertama kali ditemukan di wilayah Morssion, Mexico pada 1986. Dan beberapa fosil tulangnya berukuran raksasa, bahkan satu ruas tulang punggungnya saja berukuran 1,5 meter.

Meskipun ukurannya sangat besar, Seismosaurus adalah hewan lambat dan hewan herbivora. Seismosaurus hanya memakan tunas puncak pohon. Selain itu Seismosaurus diperkirakan cukup bodoh, hal ini dilihat dari bentuk kepalanya yang begitu kecil sementara badannya yang super besar mengartikan bahwa otaknya terlalu kecil untuk hewan sebesar itu. Seismosaurus hidup pada akhir Jurassic.







Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP