Loading...
Sabtu, 01 Mei 2010

Ikan Terpanjang Di Dunia

Oarfish atau ikan dayung merupakan ikan yang berbentuk aneh yg hidup di lautan tropis. Ikan terpanjang di dunia ini memiliki panjang tubuh 3-9 meter dengan berat 136-300 kg.

Ikan dayung terbesar adalah
the king of herrings (Regalecus glesne) yg tertangkap di Pulau Coronado (dekat San Diego, Californa) oleh tim angkatan laut USA pada 1996, yaitu sepanjang 15 m dan berat 3.000 kg. Namun ada juga laporan yang mengatakan mereka sepanjang 17 m.

Tubuh ikan dayung terlihat aneh. Tubuhnya yang dilapisi sisik kulit yang panjang dan besar dan berwarna silver (sirip berwarna kemerah-merahan) terlihat mempesona. Namun warna ikan duyung variabel. Pada daerah panggul biasanya ditutupi warna biru tidak beraturan hingga kehitam-hitaman, bintik hitam, dan coretan. Oarfish memiliki sirip-sirip panggul yang menyerupai dayung.

Ikan dayung dewasa merupakan binatang soliter (hidup sendiri). Mereka biasanya mencari makanan di laut-laut dangkal, sehingga mereka perlu melakukan perjalanan dari habitat mereka di laut dalam. Mereka bergerak dengan cara berenang amiiform, karena mereka bergerak meliuk-liuk seperti ular.  Sirip dorsalnya mengatur pergerakan badan ikan dayung sendiri secara langsung. Ikan dayung telah diamati bahwa mereka juga berenang dengan posisi vertikal, sumbu tubuh mereka tegak lurus dengan permukaan samudra. Gerakan ini membuat mereka memanfaatkan untuk memburu hewan-hewan kecil seperti zooplaknton. Ia akan membuka mulut dan mengambil banyak air yang terdapat hewan-hewan kecil, kemudian menyaringnya dengan insang. Walau ukurannya yang panjang, hewan ini kerap menjadi santapan hewan-hewan laut besar seperti hiu.


Tidak banyak yang diketahui tentang perilaku hewan ini. Di Mexico diketahui bahwa mereka melakukan perkawinan pada bulan Juli dan Desember. Dan seperti ikan pada umumnya, pejantannya menabur benih sperma dan betinanya menabur sel telur di laut, sehingga proses perkawinan mereka adalah eksternal. Setelah menabur benih, kedua orang tuanya akan meninggalkannya begitu saja. Benih ini nantinya akan bersatu, mengapung ke permukaan, kemudian membentuk telur.


Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP