Loading...
Sabtu, 01 Mei 2010

Singa India, Satu-Satunya Singa Di Asia

Singa Asia atau singa India (Panthera leo persica) merupakan satu-satunya spesies yang tersisa di wilayah Asia. Tubuh mereka sedikit lebih kecil dari kerabatnya, singa afrika. Pada abad ke-20, populasi mereka diperkirakan tak lebih dari 15 ekor saja. Tahun 1960-an, di Taman Nasional Gir, Gujarat, India, dikembangkan usaha pengembangbiakan sehingga jumlahnya melonjak menjadi 369 ekor pada tahun 2005. Namun ada 21 ekor singa mati dalam lima tahun terakhir di taman tersebut. Singa asia banyak diburu para kolektor hewan atau mereka yang meyakini bahwa organ-organ tubuhnya punya khasiat tertentu. Masyarakat China, misalnya, percaya bahwa kuku singa mampu meningkatkan vitalitas kaum pria.

Singa asia menyebar di sepanjang Turki hingga India, terutama area Asia Barat. Dulu kabarnya, singa ini juga banyak dijumpa di Kaukasus, Yaman, Makedonia, hingga Iran atau Persia. Maka itu, spesies ini dikenal juga sebagai singa persia. Singa ini menjadi maskot kebanggaan beberapa negara Asia dan Eropa. Fauna ini menghiasi bendera dan seragam militer mereka.

Dibandingkan dengan singa afrika, surai singa asia tidak selebat mereka. Selain itu, kor singa Asia memiliki ekor dengan rumbai yg lebih panjang dan kumpulan rambut di sikunya. Jantannya memiliki bobot tubuh antara 150-220 kilogram, sedangkan betinanya 100-150 kilogram. Panjang tubuh jantannya 170-240 sentimeter, betinanya 140-170 sentimeter. Panjang ekornya antara 70-105 sentimeter. 


perbandingan singa asia dan singa afrika

Mereka memasuki masa dewasa siap bereproduksi setelah mencapai usia empat tahun. Musim kawinnya tidak terbatas, terjadi sepanjang tahun. Sekali melahirkan, seekor singa betina dapat melahirkan 1-6 ekor bayi singa setelah mengandung selama 100-119 hari. Di alam bebas, singa asia dapat bertahan hidup hingga 16 tahun. Mereka senang memangsa rusa, antelop, kerbau liar, dan mamalia besar lainnya.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

1 komentar:

  1. Semoga artikel ini bermanfaat bagi diri penulis, maupun bagi masyarakat luas

    BalasHapus

 
TOP