Loading...
Selasa, 01 Juni 2010

Korosi

--> 
Korosi adalah proses perusakan suatu materi yang terjadi secara perlahan-lahan dan dalam waktu yang lama oleh suatu proses kimia,yaitu oksidasi suatu logam. Hal ini bisa dilihat pada korosi besi. Besi secara lambat akan bereaksi dengan udara membentuk suatu oksida besi. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:



Kerugian
-->Besi atau logam yang berkarat bersifat rapuh, mudah larut, dan bercampur dengan logam lain, serta bersifat racun. Hal ini tentu berbahaya dan sangat merugikan. Jika berkarat, besi yang digunakan sebagai pondasi jembatan menjadi rapuh sehingga mudah ambruk. Alat-alat produksi dalam industri makanan dan farmasi tidak boleh memakai logam yang mudah berkarat, karena karat yang terbentuk mudah larut dalam makanan, obat-obatan, atau senyawa kimia yang diproduksi.

Mencegah Korosi

Cara Pelapisan
Besi yang dilapisi tembaga atau timah, besi akan terlindungi dari korosi, karena Cu dan Sn memiliki potensial reduksi lebih positif (Eo Cu2+ │Cu = +0,34 V dan Eo Sn2+ │Sn = -0,14 V) daripada potensial besi (E0 Fe2+ ‌│fe = -0,44 V). Tetapi jika lapisan in bocor sehingga timah atau tembaga ini terbuka, maka besi akan mengalami korosi dengan cepat.

Cara Proteksi Katodik
Jika besi dihubungkan dengan Zn (Seng), besi akan sukar mengalami korosi. Hal ini disebabkan seng lebih mudah teroksidasi dibandingkan besi (potensial reduksi seng E0 Zn2+ ‌│Zn = -0,76 V)lebih negatif daripada potensial reduksi besi (E0 Fe2+ ‌│fe = -0,44 V). Seng akan bereaksi dengan oksigen dan air dalam lingkungan yang mengandung CO2 dan membentuk senyawa seng karbonat yang berfungsi melingdungi seng itu sendiri dari korosi.









Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP