Loading...
Rabu, 02 Juni 2010

Membuat Icon Sendiri Dengan IconEditor

Untuk dapat membuat icon diperlukan sebuah software pembuat icon. Ada banyak software yg bisa melakukan ini, salah satunya adalah IconEditor. Sofware gratisan ini bisa di Anda download DI SINI atau DI SINI. Setelah di donlot jgn lupa untuk menginstallnya.

Icon buatan sendiri ini nantinya bisa dipakai untuk mengganti icon flashdisk, hardisk, folder, file, icon my computer, icon my document, dll.


Membuat Icon Dari Gambar
Mudah saja membuatnya. Pertama, pilih gambar yg Anda ingin dijadikan icon. Contohnya, saya akan memakai gambar Gaara dibawah ini untuk dijadikan icon.

gambar gaara yg akan dijadikan icon
Crop gambar tersebut dengan shape persegi/kotak (harus benar-benar kotak biar simetris hasilnya) pada bagian yg igin dijadikan icon. Meng-crop gambar ini bisa memakai pakai paint, coreldraw, photoshop, picture it, dll. Kemudian save gambar hasil potongan tersebut (formatnya terserah, mau .JPG, .PNG, .GIF, atau .BMP).
crop gambar gaara pada bagian daerah kepalanya

Buka software IconEditor, lalu open gambar yang sudah di crop tadi. Caranya, file -> open -> pilih gambar, atau dengan menekan CTRL + O pada keyboard. Setelah itu akan muncul jendela menu Open & Resize Image, pilih ukuran 128 x 128.
pilih size128x 128
Setelah memili gambar berukran 128 x 128, buat juga dengan ukuran lainnya. Caranya tekan CTRL + I atau tools -> new image format. Setelah itu pilih ukuran 64 x 64. Lakukan langkah ini sampai gambar memiliki ukuran dari 16 x 16 sampai 128 x 128.
gambar gaara di atas memiliki ukuran dari 16 x 16 sampai 64 x 64

Terakhir save as gambar dengan format icon (.ico). 
save gambar dg tipe icon (.ico)

Hasilnya iconnya adalah sebagai berikut.
hasil icon garaa

Membuat Icon Dari Gambar Yg Digunting Terlebih Dahulu
Langkah ini hasilnya adalah icon tanpa background, hanya bagian gaara-nya aja tanpa ada background. Caranya agak sedikit berbeda dengan sebelumnya.

Langkah pertama adalah gunting gambar yg tadi sudah di crop pada bagian yg diinginkan. (Contohnya adalah saya menggunting bagian gaara saja.) Untuk menggunting gambar ini diperlukan software untuk mengedit gambar seperti Photoshop dan Picture It (yg saya pakai adalah Picture It).

gunting gambar pada garaa-nya saja.
Lalu save as gambar tersebut dengan format gambar .PNG atau .GIF. Tujuannya adalah biar gambar nantinya berbentuk sesuai dg guntingan tadi (nggak ada backgroundnya).
simpan gambar gaara yg telah di gunting tadi dg tipe .PNG

Langkah kedua sekaligus terakhir adalah membuat icon dari hasil gambar guntingan tadi dg IconEditor (langkahnya sama seperti sebelumnya). Hasilnya adalah sebagai berikut.
hasil icon gambar gaara yg digunting dulu

Icon tadi bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti saya mengganti icon my computer dan icon2 lainnya yg ada di desktop berikut ini.




Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

2 komentar:

 
TOP