Loading...
Senin, 21 Juni 2010

Raptor Jenis Baru Ditemukan!

Paleontolog berhasil menemukan fosil dinosaurus maniraptoran (raptor) jenis baru. Raptor merupakan dinosaurus dg ciri kepala panjang, leher melengkung, ekor panjang, dan cakar melengkung besar di kakinya untuk menangkap mangsanya. Semua raptor tergabung dalam famili Dromaeosauridae. Dilihat dari ukuran tubuhnya, maniraptoran merupakan predator gesit dan lincah.

Raptor Baru Di Mongolia
Fosilnya digali di Ukhaa Tolgon, daerah Mongolia. Fosil yg dinamakan Tsaagan mangas ("monster putih") ini sedikit lebih besar dibandingkan dg kalkun dan tulangnya merupakan salah satu yg terbaik dari tulang dromaeosauridae yg pernah ditemukan. Tsaagan pertama kali dipublikasikan pada Desember 2006 oleh tim American Museum of Natural History.


fosil tsaagan

Tsaagan merupakan maniraptoran yg sangt berkerabat dg Velociraptor, dimana keduanya  ditemukan di tempat yg sama yaitu di Mongolia. Diperkirakan Tsaagan hidup pada 75 juta tahun lalu (akhir Periode Cretaceous). Ciri khas dari Tsaagan adalah uukurannya yg kecil dan rahang yg sempit. Panjang dinosaurus karnivora ini sekitar 1,2 meter dg berat 25 pon.

Selain Tsaagan, ditemukan juga fosil baru lainnya yg masih maniraptoran. Fosil ini digali oleh Jonah Choiniere pada tahun 2008 di pedalaman Mongolia, Bayan Mandahu dan fosil ini baru diberi nama pada tahun 2010 oleh Xu Xing beserta rekan2nya. Fosil ini diberi nama Linheraptor exquisitus. Panjang Linheraptor ini kurang dari 2 meter dg berat sekitar 25 kg.

fosil Linheraptor

Raptor Argentina

Kerangka raptor baru juga tidak hanya ditemukan di Asia. Di Provinsi Río Negro, Argetina, jg ditemukan fosil raptor jenis baru. Fosil itu diberi nama Austroraptor cabazai ("pencuri dari selatan") oleh Alberto Cabaza. Kerangkanya dipublikasikan pada akhir tahun 2008 oleh Fernando Novas di Museo Argentino de Ciencias Naturales. Austroraptor diperkirakan hidup pada 70 jta tahun lalu (akhir Periode Cretaceous). Dinosaurus ini memiliki panjang 5-6.5 m, tinggi 1.8 m, dan berat diperkirakan 100 kg.


Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

2 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    BalasHapus
  2. Kecewa? Kalah melulu main di agen lain?
    Mari main disini saja di www(dot)updatebetting(dot)co

    BalasHapus

 
TOP