Loading...
Senin, 21 Juni 2010

Pterodactyl Paling Terkenal

Pterodactlus atau dikenal dg pterodactyl saja merupakan salah satu pterosaurus (reptil terbang purba) yg paling terkenal. Pterodactyl menjadi nama sub ordo (Pterodactyloidea) yg menjadikan pterosaurus terbagi 2 kelompok (Pterodactyloidea dan Rhamphorhynchoidea). Hewan yg hidup pada periode Jurassic ini bukanlah dinosaurus, sebab pterodactyl tidak memiliki ciri khas tulang pubis dan tulang ekor dinosaurus (pada ornithischia dan saurischia) serta semua dinosaurus adalah hewan darat yg tidak bisa terbang. Fosil pterodacytl ditemuukan di Eropa dan Afrika.

Seperti kebanyakan pterosaurus, sayap pterodactylus terbentuk dari kulit dan membran otot yg membentang dari keempat jarinya hingga tungkai belakangnya. Sayap luarnya disangga fiber kolagen sementara bagian luarnya disangga keratin.

Ada banyak spesies berbeda dari pterodactylus, dan masing-masing memiliki makanan yg khusus. Spesies yg  kecil dg gigi kecil pula kemungkinan pemakan serangga, sementara yg lebih besar kemungkinan akan memakan ikan atau kadal kecil. Pterodacytyls yg telah diktetahui lebih dari 25 spesimen fosil dimana kebanyakannya adalah yg masih kecil, banyak fosil yg ditemukan secara lengkap.


 fosil Pterodactylus antiquus



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

1 komentar:


  1. hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
    ayo segera bergabung dengan saya di F/A/N/S/P/O/K/E/R
    disini hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
    ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

    BalasHapus

 
TOP