Loading...
Minggu, 10 Oktober 2010

Kepunahan Dinosaurus: Teori Gunung Berapi Bawah Laut


Fisikawan terkenal Italia Anthonio Cizizi mengemukakan, bahwa penyebab yang mengakibatkan kepunahan dinosaurus adalah ledakan mahadahsyat dari gunung berapi bawah laut. Menurutnya, pada akhir Zaman Cretaceous, di bawah samudera bumi telah terjadi serangkaian ledakan gunung berapi dalam skala besar, sehingga mempengaruhi panas laut, dan setelah itu, mengakibatkan perubahan iklim di darat, karenanya juga mempengaruhi kehidupan dinosaurus dan binatang lainnya yang memerlukan sejumlah besar makanan.
Alasannya, dampak yang ditimbulkan ledakan gunung berapi bawah laut sekarang terhadap samudera dan udara merupakan hal yang diketahui umum, hanya saja tingkat pengaruhnya lebih kecil dibandingkan ledakan gunung berapi bawah laut yang terjadi pada 65 juta tahun silam.

Ia menganggap, di masa lalu, sedikit sekali pemahaman ilmuwan terhadap kondisi ledakan gunung berapi bawah laut, maka kini perlu mengadakan penelitian mendalam terhadap gejala serius yang mempengaruhi lingkungan bumi.

Ia memberi contoh, bahwa Greenland di masa lalu pernah tumbuh vegetasi yang subur, namun setelah perubahan keseimbangan suhu air samudera, di mana setelah arus laut yang dingin berubah arusnya melalui Greenland, sejak itu membuat kepulauan yang besar-besar berubah menjadi salju yang menutupi bumi.

Itu adalah contoh tipikal perubahan keseimbangan suhu air laut. Aktivitas gunung berapi bawah laut merupakan sebuah faktor utama perubahan tersebut.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

2 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami
    di fanspoker^^com || karna difans anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar
    ayo tunggu apa lagi segera di add pin bb kami 55F97BD0 || saya tunggu di add nya ya...

    BalasHapus

 
TOP