Loading...
Sabtu, 27 November 2010

Kenapa dinamakan "Paus Sperma"?

paus sperma
Dinamakan paus sperma (Physeter macrocephalus) karena didalam tubuh paus tersebut terdapat suatu organ yg disebut spermaceti. Spermaceti (berasal dari Yunani, sperma berarti benih, dan Latin cetus berarti paus) yg kadang-kadang keliru disebut parmaceti adalah zat lilin yg terdapat dalam rongga kepala paus sperma. Paus sperma diburu untuk spermacetinya, zat yang ditemukan di kepala mereka yang digunakan untuk produksi parfum, lilin, dan salep.

organ spermaceti pada rongga kepala paus sperma
Spermaceti diekstrak dari minyak sperma dengan kristalisasi pada suhu 6° C. Spermaceti membentuk kristal putih yang keras tapi berasa berminyak saat disentuh, dan tanpa rasa atau bau, sehingga sangat berguna sebagai bahan dalam kosmetik, Leatherworking, dan pelumas. Zat ini juga digunakan dalam pembuatan lilin dengan nilai fotometrik standar, dan sebagai eksipien farmasi, seperti salep.

Para ilmuwan masih belum tahu fungsi sebenarnya dari spermaceti. Spermaceti mungkin digunakan sebagai kontrol daya apung paus, untuk membantu dalam menyelam (meningkatkan densitas zat lilin) dan naik ke permukaan (mengurangi kepadatan lilin untuk naik ke permukaan). Namun kemungkinan organ tersebut juga digunakan untuk memperkuat dan mengarahkan gelombang suara, saat paus sperma melakukan echolocation.


Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

2 komentar:

  1. Ouw... jd gitu ya.
    Spermaceti itu bukan beneran sperma, tapi ekstrak seperti minyak yang dihasilkan oleh suatu organ yg disebut spermaceti pada bagian kepala paus.
    Syukur kalau gitu. Berarti kosmetik yang ane konsumsi khalal, kagak pakek zat-zat yang aneh... hehe...

    BalasHapus
  2. Ada yang tau gk bentuk zat lilin pada paus? Keras atau sama persis seperti lilin?

    BalasHapus

 
TOP