Loading...
Jumat, 31 Desember 2010

Rambut Memang Ciri Mamalia

Rambut atau sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Rambut ini tidak semuanya terpampang jelas pada mamalia. Beberapa mamalia memiliki rambut pada daerah-daerah tertentu dan yang lainnya berkembang menjadi keras.

Rambut Pada Gajah, Badak, Dan Kudanil
Sekilas memang gajah, badak, dan kudanil memang tak memiliki rambut, tetapi kalau diperhatikan secara seksama tidak demikian. Gajah memiliki rambut di tubuh dan ekornya, badak memiliki rambut di sekitar telinga dan ekornya, sementara kudanil memiliki rambut di sekitar hidung dan ekornya
rambut pada badan gajah

rambut pada ekor gajah
rambut pada ekor kudanil

rambut disekitar hidung kudanil

rambut pada ekor badak

rambut pada daerah telinga badak sumatra
Rambut Pada Lumba-Lumba dan Paus
Lumba-lumba yg biasa kita lihat tentunya memang tidak memiliki rambut. Namun sebenarnya saat mereka lahir, lumba-lumba memiliki sedikit rambut yg sangat pendek. Ketika mereka baru lahir, lumba-lumba memiliki rambut yg muncul dalam bentuk kumis pada moncongnya. Karena tekanan air, kumis sepanjang seperempat inci ini jatuh tak lama setelah lumba-lumba lahir. Sementara pada paus dapat kita lihat rambut di sekitar moncongnya.


rambut yg hanya ada pada lumba-lumba yg baru lahir
rambut di ujung moncong paus abu-abu


Rambut Pada Trenggiling
Trenggiling atau Sunda Pangolin (Manis javanica) tubuhnya memang bersisik tetapi bila diperhatikan diantara sisik-sisiknya itu terdapat rambut.


Rambut Pada Armadilo
Armadilo memiliki rambut tersembunyi di bagian bawah tameng sisiknya, di sekitar perutnya. Rambut ini akan terlihat jelas terutama pada Pinkfairy Armadillos (Chlamyphorus truncatus) dan big hairy armadilos (Chaetophractus villosus).

rambut terlihat jelas pada pinkfairy armadilos
rambut terlihat jelas pada big hairy armadilos (Chaetophractus villosus)
 
Rambut Pada Landak
Duri pada landak sebetulnya adalah rambut yang termodifikasi menjadi besar dan mengeras. Duri landak tersusun dari bahan yang sama dengan rambut yaitu keratin, sejenis protein. Tetapi rambut juga bisa ditemukan dibawah duri-duri landak.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

2 komentar:

  1. wah baru tahu aku semua itu...
    thaks info nya ya!! =)

    BalasHapus
  2. jadi lumba2 n paus punya rambut juga ya...
    hmmm...begitu rupanya

    BalasHapus

 
TOP