Loading...
Jumat, 31 Desember 2010

Buaya Predator Teratas

Buaya dan aligator merupakan reptil terbesar di dunia. Tubuh buaya dan aligator yg begitu besar serta kekuatan giginya menjadi salah satu faktor mereka menjadi predator teratas. Buaya dan aligator merupakan puncak dari rantai makanan.

Tubuh Buaya Dan Aligator
Buaya dan aligator tergabung dalam Ordo Crcodilia. Keduanya memiliki ruas tulang belakang yg panjang, ekor yg panjang, dan empat kaki yg pendek. Dg kaki yg pendek sementara tubuh yg begitu besar, seekor buaya/aligator akan mudah lelah saat berjalan di darat. Ketika menyelam, kaki-kaki buaya/aligator dilipat ke belakang sepanjang tubuhnya sehingga menyerupai sebuah torpedo dan memudahkannya berenang. Kaki depannya terdapat 5 buah jari sementara kaki belakang terdapat 4 jari, sebaliknya dari katak dan kodok.
buaya saat berenang, kaki-kakinya dilipat ke belakang menjadi seperti torpedo
Sisik pada buaya dan aligator pada punggungnya dilapisi zat tanduk yg disebut skuta serta mengandung lempengan tulang yg disebut osteoderm, sehingga sisiknya sangat tebal dan keras. 
sisik buaya

Baik buaya maupun aligator juga keduanya tidak memiliki bibir, sehingga mereka tidak dapat menutup mulutnya rapat-rapat saat menyelam. Agar tidak tenggelam mereka menutup katup tenggorokkan saat menyelam.Seekor aligator memiliki 74-80 buah gigi. Ketika giginya tanggal, gigi yg baru pun segera tumbuh. Seekor Aligator bisa memiliki 2 ribu sampai 3 ribu gigi selama hidupnya.
gigi buaya

Kekuatan Gigitan Buaya
Buaya menyerang mangsanya dengan cara menerkam sekaligus menggigit mangsanya itu, kemudian menariknya dengan kuat dan tiba-tiba ke air. Oleh sebab itu otot-otot di sekitar rahangnya berkembang sedemikian baik sehingga dapat menutup dengan sangat kuat. Akan tetapi sebaliknya, otot-otot yang berfungsi untuk membuka mulut buaya amat lemah. Karenanya, di saat berjemur buaya akan membuka mulutnya secara perlahan. Para peneliti buaya cukup melilitkan pita perekat besar (lakban) beberapa kali atau mengikatkan tali karet ban dalam di ujung moncong yang menutup, untuk menjaganya agar mulut itu tetap menutup sementara dilakukan pengamatan dan pengukuran, atau manakala ingin mengangkut binatang itu dengan aman. 
buaya yang sedang diukur kekuatan gigitannya

Berburu
Buaya menggunakan kombinasi berburu aktif dan lebih mengandalkan strategi pasif, "duduk dan menunggu". Buaya-buaya kecil cenderung memposisikan diri di air dangkal dengan keempat kaki di bagian bawah dan menunggu sampai mangsa potensial datang dalam jarak yang mencolok dari rahang. Gerakan mangsa terdeteksi oleh sensor besar disepanjang sisi rahang. Sementara untuk buaya yang lebih besar biasanya akan mendekati mangsanya dari dalam air. Buaya dg hanya memunculkan kepalanya saja akan mendekati suara, gerakan dan mungkin bau mangsanya.  
buaya sedang berburu wildebeest
 
Setelah mengetahui keberadaan mangsanya, mereka menyelam, berenang di bawah air mendekati daerah yg tepat untuk menerjang mangsanya. Mereka kemudian akan melompat ke luar air, ia akan menerjang dengan rahang yg terbuka kemudian membanting buruannya. Buaya dapat menyerang lebih dari setengah panjang tubuhnya ke udara atau keluar dari air. 
buaya menyergap seekor wildebeest

Setelah tertangkap, buaya akan merobek kecil-kecil tubuh mangsanya. Mereka akan meronta-ronta dan berputar untuk mencabik mangsanya.
buaya sedang memakan buruannya



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

4 komentar:

  1. ijin ngeshre ya gan...ane masukin di thread ane..
    nice shre gan

    BalasHapus
  2. IJIN COPAS YA GAN...MASUKIN DI THREAD ANE.
    NICE SHARE GAN

    BalasHapus
  3. Reza dysta satria4 Oktober 2012 14.59

    wihhhhhhh informasinya kerennnnnn

    BalasHapus
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    BalasHapus

 
TOP