Loading...
Selasa, 08 Februari 2011

Hiu Terbesar dan Hiu Terkecil

Ada lebih dari 300 spesies dalam 8 ordo hiu. Beberapa hiu merupakan predator ganas dan yang lainnya hewan tenang yang merupakan filter-feeder. Kebanyakkan hiu bertubuh besar dan yang lainnya berukuran kecil.


7 HIU TERBESAR
Hiu Paus (Rhicodon typus)

Hiu paus adalah hiu terbesar di dunia. Untungnya mereka bukan predator buas, melainkan penyaring makanan yang tenang seperti hiu basking. Makanannya adalah berupa zooplankton dan invertebrata laut kecil lainnya. Hiu paus ditemukan di seluruh lautan tropis dunia. Hiu ini memiliki panjang mencapai 12 m bobot 13 ton, terbesar yang tercatat adalah sepanjang 12,65 m dengan bobot 21,5 ton. Ada banyak cerita kalau mereka juga pernah ditemukan dalam ukuran lebih besar, seperti hiu paus sepanjang 15 m (1868), 17 m (1919), dan 23 m (1994).

Hiu Basking (Cetorhinus maximus)


Hiu basking adala hiu terbesar kedua. Sama seperti hiu paus, mereka adalah hewan tenang yang menyaring makanan kecil. Hiu basking tersebar di daerah pesisir pelagik, mereka menyukai laut dengan suhu 8 sampai 14.5° C, meski dilaporkan mereka juga ditemukan di laut tropis. Normalnya hiu ini memiliki panjang 6-8 meter. Hiu basking terbesar tercatat sepanjang 12,27 meter dengan bobot sekitar 19 ton dan sepanjang 13,7 meter.

Hiu Putih Besar (Carcharodon carcharias)
 

Hiu putih besar hiu predator terbesar dan dikenal sebagai salah satu hiu terganas. Mereka adalah hiu paling berbahaya penyerang manusia nomor satu. Makanan hiu putih besar adalah ikan, anjing laut, singa laut, dan burung seagull. Mereka tinggal di laut coastal bersuhu 12 sampai 24°C, jadi tidak ada di Indonesia. Hiu putih besar dewasa memiliki panjang 4-5,2 meter dengan bobot 680-1.100 kg, dimana (seperti hiu lain) betina lebih besar. The Guinness Book of World Records mencatat ada dua hiu terbesar, yaitu 10,9 m dari Australia Selatan pada 1870an dan 11,3 m dari Canada pada 1930an.

Hiu Harimau/Hiu Macan (Galeocerdo cuvier)

Hiu macan adalah hiu terbesar ke-4 di dunia. Bukan hanya memakan biota laut, hiu harimau dikenal juga sebagai penyerang orang berenang dan berselancar. Mereka tercatat adalah hiu penyerang manusia ke-2 setelah hiu putih. Hiu harimau kebanyakkan ditemukan di laut tropis dunia, jadi mereka terdapat juga di lautan Indonesia. Normalnya hiu harimau dewasa memiliki panjang 2-3 meter dengan bobot 300-600an kg. Yang terbesar tercatat seanjang 7,4 m dengan bobot 3,1 ton.

Hiu Sleeper
Pasifik (Somniosus pacificus)
 

Hiu ini cukup besar, mampu tumbuh hingga 7 meter panjangnya dengan bobot 400 kg. Hiu Pasifik Sleeper merupakan sedikit hiu yang bisa dijumpai di laut tundra. Mereka bisa meluncur di air dengan pergerakan tubuh kecilnya dan sedikit suara hidrodinamika, membuat mereka menjadi predator sukses.

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus)


Sesuai namanya, hiu hanya ditemukan di Samudra Atlantik, disekitar Greenland dan Islandia. Panjang terbesarnya ditemukan sepanjang 6,3 meter. Hiu Greenland kebanyakan makan ikan, meskipun mungkin juga memangsa mamalia laut seperti keluarga anjing laut. Tanda gigitan di tubuh anjing laut mati di Sable Island, menunjukkan bahwa hiu ini mungkin predator utama bagi para anjing laut pada musim dingin. Pernah juga ditemukan dengan sisa-sisa beruang polar dan rusa dalam perut mereka.

Hiu Kepala Martil (Sphyrna mokarran)
 

Hiu kepala martil adalah hiu terbesar ke-7 di dunia dan merupakan jenis hiu martil terbesar.  Hewan soliter ini memakan udang, siput laut, ikan, bahkan hiu kecil. Tersebar di laut tropis dunia. Biasanya hiu kepala martil tumbuh sampai 3,5 meter dengan bobot 200 kg. Hiu kepala martil terpanjang tercatat sepanjang 6,1 m, sementara yang terberat adalah 580 kg dengan panjang 4,4 m.

7 HIU MINI
Hiu Lampion Kerdil/Dwarf Lanternshark (Etmopterus perryi)

Dikenal sebagai spesies kerdil dari hiu dogfish dan merupakan hiu terkecil di dunia. Hiu lampion kerdil hidup di kedalaman 200-400 meteran. Begitu kecilnya hiu ini sehingga tidak ada nilai ekonominya. Panjang tubuhnya rata-rata 15-17 cm, dan yang terbesar hanya sepanjang 21,2 cm. Hiu yang memakan ikan dan udang kecil ini tersebar di Laut Karibia di sekitar Venezuela dan Colombia.

Hiu Kucing Pucat/Pale Catshark (Apristurus sibogae)
 

Mereka adalah hiu langka hanya diketahui dari holotype, yaitu betina remaja sepanjang 21 cm diambil di kedalaman 655 m di Selat Makassar, antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Belum ada informasi jelas mengenai perilaku hiu ini. Hiu ovipar ini memakan hewan kecil seperti ikan dan invertebrata.

Hiu Pigmy Berduri/Spined Pygmy Shark (Squaliolus laticaudus)
 

Hiu pigmy berduri masih termasuk kelompok hiu dogfish. Hiu yang terancam punah ini ramping bentuk tubuhnya mirip cerutu dengan sirip ekor yang hampir simetris. Hiu ini juga memiliki photophores yang dapat memproduksi cahaya berpendar pada sisi tubuhnya. Mereka hidup di kedalaman 200 hingga 500 meter. Panjang tubuhnya 22 cm untuk jantan dan 28 cm untuk betina.Hiu ovipar ini tersebar di Samudra Atlantik (AS, Suriname, Selatan Brazil, Utara Argentina, Prancis, Madeira Cape Verde, dan Arizona), Samudra Hindia (Somalia), Samudra Pasifik (Jepang, Taiwan, Filipina). Mereka memakan ikan kecil serta cumi-cumi.

Hiu Pigmi (Euprotomicrus bispinatus)


Hiu kerdil memiliki kepala besar dan sirip ekor berbentuk tidak biasa serta sirip punggung pertamanya berukuran kecil. Hiu pigmi tumbuh antara 22 cm untuk yang jantan sementara betina sekitar 25 cm. Mereka tinggal di lautan subtropis dan sedang di tenggara Atlantik, Samudra Pasifik, dan di Samudera Hindia. Hiu ovovivipar ini memakan cumi-cumi, ikan kecil, dan udang. 

Hiu Pigmi Ribbontail (Eridacnis radcliffei)
 


Hiu ini memiliki tubuh ramping dengan sirip ekor seperti pita, dan berwarna coklat gelap dengan tanda kehitaman pada sirip punggung dan ekor. Mereka bisa melahirkan hingga dua ekor hiu. Hiu betinanya memiliki panjang 24 cm, sementara yang jantan 23 cm. Makanan utamanya adalah kerang, ikan kecil, dan udang. Hiu pigmi ribbontail terdapat di Tanzania, Teluk Aden, Teluk Mannar, sekitar Pulau Andaman Islands, Vietnam, dan Filiphina.
Hiu Granular Dogfish (Centroscyllium granulatum)
Hiu Granular dogfish tidak memiliki sirip anal, sirip dorsal yang kedua justru yang lebih besar dari sirip dorsal pertama. Hiu ini hidup pada kedalaman 450 meter. Panjang tubuhnya 28 cm. Hiu yang ovovivipar yang memakan hewan laut kecil ini tersebar di Samudra Atlantik Selatan di sekitar Pulau Falkland.

Sarawak Pygmy Swellshark (Cephaloscyllium sarawakensis)
Hiu berukuran kecl ini memiliki tubuh ramping dengan kepala pendek dengan moncong pipih, pendek, dan bulat melebar. Mereka merupakan hiu endemik di sekitar perairan Malaysia dan Brunei Darussalam. Hiu ini memiliki gigi-gigi kecil di kedua rahangnya. Panjang tubuhnya 35-40 cm dan mereka memakan hewan laut kecil.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

2 komentar:

 
TOP