Loading...
Senin, 02 Mei 2011

Mengapa Lalat Suaranya Berdengung?

Lalat sebenarnya tidak dapat terbang. Sayapnya terlalu kecil jika dibandingkan dengan tubuhnya. Lalat dapat terbang dengan sempurna karena mereka harus mengepakkan sayap mencapai 2 ribu kali permenitnya untuk dapat mengudara. Beberapa lalat diketahui mengepakan sayap 1000 kali perdetiknya

Thorax lalat terbang sebenarnya diadaptasikan sebagai kekuatan terbang dari otot sayap. Pergerakan klik sayap di thorax "naik" atau "turun" tetap stabil sehingga klik masuk dan keluar dari tempat oleh elastisitas eksoskeletonnya. Dengan cara ini seekor lalat bisa mendapatkan dua kepakan sayap (atau lebih) untuk setiap kontraksi otot. Kecepatan resonansi klik di dalam rongga dada membuat suara "bzzzzz".

Suara "bzzzzz" ini sangat penting bagi lalat. Mereka menggunakan banyak suara ini untuk mengidentifikasi dan menemukan calon pasangan. Setiap spesies memiliki ciri suara halus (kita tidak bisa mendengarnya, tetapi mereka dapat mendengarnya). Jadi jika lalat tidak memiliki kemampan terbang sempurna ini, mereka tidak pernah bisa bereproduksi.



Hal seperti ini juga yang membuat banyak serangga lainnya seperti nyamuk, lebah, dan tawon juga kedengaran berdengung. Nyamuk dapat mengepakkan sayap 600 kali perdetik, dimana yang betina mampu membuat kepakan lebih cepat dari nyamuk jantan, sehingga suara ngiungan yang lebih kedengaran sama kita adalah nyamuk betina. Lebah diketahui dapat mengepakkan sayap 250 kali per detik.


Begitu hebatnya dan kompleksnya kepakan sayap serangga-serangga ini tentu sangat sulit dibayangkan didapatkan dari proses evolusi. Ini jelas adalah kerasi dahsyat dari Allah swt.


Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

4 komentar:

  1. Tiara Venissa22 Mei 2011 10.25

    bgitu ya....makasih infonya........

    BalasHapus
  2. Ayo daftarkan diri Anda di F4ns Bett1ng
    pin bbm 5ee80afe

    BalasHapus
  3. segera bergabung dengan kami di u+p+d+a+t+e+b+e+t+t+i+n+g
    add pin aku ya 7.A.C.D.8.5.6.0

    BalasHapus
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
    ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

    BalasHapus

 
TOP