Loading...
Jumat, 04 Maret 2011

Apakah Bunglon Itu?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bunglon diartikan sebagai kadal yang hidup di pohon, dapat bertukar warna menurut tempatnya, yaitu kadal jenis Calotes. Dalam wikipedia pun dijelaskan bunglon adalah kadal pada Famili Agamidae, dimana disana juga termasuk Calotes

Sementara dalam Google Terjemahan Inggris-Indonesia atau dalam Kamus Inggris-Indonesia, bunglon diartikan Chameleon. Kebanyakkan orang Indonesia memang akan menyebut "bunglon" pada kadal-kadal Agmidae. Memang pada banyak artikel di berbagai media yang bersumber dari bahasa Inggris, "bunglon" mengarah kepada kadal Chameleon.

Jadi memang bunglon ini bersifat polisemi. Meski demikian, Chalotes dan Chameleon, keduanya mampu berkamuflase dengan merubah warna tubuh mereka, hanya saja Chameleon memiliki kemampuan berubah warna yang lebih hebat.

Kadal Agamid
Beberapa contoh spesies dari Famili Agamidae.
Kadal agamid adalah Famili Agamidae yang hidup di lingkungan hangat, mulai dari gurun sampai hutan hujan, hanya saja naga gunung  (Rankinia diemensis) ditemukan di daerah dingin. Dalam Famili Agamidae, dibagi menjadi enam subfamili:
    * Agaminae (Afrika, dan Australia)
    * Amphibolurinae (Australia and Papua Nugini)
    * Draconinae (Asia Selatan dan Asia Tenggara)
    * Hydrosaurinae (Hydrosaurus, Papua New Guinea, Filipina, dan Indonesia)
    * Leiolepidinae (Leiolepis, Asia Tenggara)
    * Uromasticinae (Saara dan Uromastyx, Afrika and Asia Selatan)

Biasanya, kata "bunglon" mengarah pada kadal yang jari-jari kakinya panjang dan berekor panjang yang sering terlihat berwarna hijau,  yaitu mereka yang tergabung dalam subfamili Agaminae dan Draconinae. Mungkin lebih tepatnya, bunglon disini adalah subfamili Draconinae saja, dimana mereka hidup juga di Indonesia, seperti genus Calotes, Bronchocela, dan genus Gonocephalus.

Bunglon ini dikenal juga sebagai londok (Sunda), garden lizard/kadal kebun, dan  forest lizard/kadal hutan, yang lainnya (yaitu Calotes versicolor) dikenal sebagai "bloodsucker" atau "penghisap darah", sebab kepala mereka merah. Panjang tubuhnya bervariasi mulai dari 8 cm sampai 35 cm. Perubahan warna pada bunglon menyatakan mood pada dirinya. Makanannya adalah dedaunan, bunga, serangga, laba-laba, dan vertebrata kecil.

Chameleon
Beberapa jenis Chameleon
Chameleon, jika kata ini diterjemahkan dari Inggris ke Indonesia akan berarti bunglon. Bunglon yang ini adalah mereka yang termasuk Famili Chamaeleonidae. Bunglon tersebar di Afrika, Madagascar, Spanyol, Portugal, dan Asia Selatan, jadi mereka tidak ada yang hidup di Indonesia. Mereka hidup di daerah hangat mulai dari hutan hujan sampai keadaan gurun. Bunglon dapat dilihat dari ciri khas bentuk kaki zygodactylous (seperti kaki burung beo), lidah super panjang, bentuk khas kepala, ekor yang bisa mencengkram, kemampuan berubah warna, serta mata besar yang mampu bergerak secara terpisah. Perubahan warna bunglon chameleon lebih kepada mencerminkan perasaan dirinya, sama seperti bunglon kadal agamid. Bunglon yang ini lebih jago berubah warna dibandingkan bunglon kadal agamid. Ukuran tubuh bunglon bervariasi, mulai dari 3 cm sampai 68 cm. Makanan mereka adalah serangga dan ikan.
Lidah bunglon bahkan bisa lebih panjang dari panjang tubuhnya
Bunglon adalah didactyl, yaitu kelima jari-jari kaki menyatu dalam dua jari dan tiga jari. Kaki khusus ini memungkinkan bunglon untuk menggenggam erat ranting yang sempit. Setiap kaki dilengkapi dengan cakar tajam untuk memanjat.
kaki bunglon panther



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

1 komentar:

  1. uuuhhhm, begitu rupanya, bunglon bisa berarti londok atau chameleon....

    BalasHapus

 
TOP