Loading...
Kamis, 03 Maret 2011

Apakah Dinosaurus Itu?

Istilah dinosaurus biasanya akan mengarah pada banyak hewan-hewan prasejarah, tapi sejatinya dinosaurus merupakan reptil prasejarah kelompok superordo dinosauria yang hidup di darat yang menguasai bumi selama 165 juta tahun lalu, yaitu pada Era Mesozoikum (230-65 juta tahun lalu), umumnya mereka bertubuh sangat besar. Adalah Richard Owen (1804-1892) yang memberikan nama Dinosauria dimana mengandung arti "kadal mengerikan". Dinosaurus memiliki ciri sebagai berikut.
Richard Owen
Bentuk Tulang Panggul
Dinosauria dikelompokan menjadi dua ordo, yaitu Ordo Saurischia dan Ordo Ornithiscia. Saurischia adalah dinosaurus yang memiliki bentuk panggul seperti kadal. Maksudnya arah tumbuh tulang pubis menjauh dari tulang ekor. Saurischia ini diantaranya adalah beberapa dinosaurus herbivora dan semua dinosaurus karnivora.
Bentuk tulang panggul saurischia
Ornithischia adalah dinosaurus yang memiliki bentuk panggul mirip burung, yakni tulang pubis berada sejajar di bawah tulang ekor. Anggota kelompok ini semuanya adalah herbivora.

Bentuk tulang panggul ornithischia


Bentuk Kaki
Kaki-kaki pada reptilia berada pada sisi tubuh, dan kaki-kaki mereka juga terlihat selalu dibengkokkan. Berbeda dengan reptilia pada umumnya, dinosaurus memiliki bentuk kaki-kaki yang tegak dari bawah tubuh untuk menompang tubuhnya. Namun beberapa reptilia masa kini ada yang bisa berdiri tegak.
bentuk kaki kadal masa kini dan dinosaurus
Kaki-kaki dinosaurus mampu menopang beban tubuh mereka, sehingga kaki-kaki mereka bisa berdiri tegak
(dari kiri ke kanan: Brachiosaurus, Triceratops, dan Spinosaurus)
Komodo  tidak mampu untuk berdiri tegak, jadi terlihat mereka membengkokkan kaki-kakinya
Cara Jalan
Dinosaurus mengembangkan cara bergerak yang berbeda dengan umumnya reptil masa kini. Kebanyakkan reptil masa kini berjalan dengan cara membengkokkan badan ke kiri dan ke kanan seiring tiap langkahnya. Sementara dinosaurus berjalan sama seperti mamalia, kaki-kakinya bergantian bergerak tanpa perlu membengkokkan tubuh.

Cara jalan dinosaurus



Cara jalan reptil masa kini

Bersisik
Sebagaimana ciri-ciri reptil, tubuh dinosaurus ditutupi dengan sisik kering. Pada beberapa dinosaurus herbivora seperti Ankylosaurus dan Stegosaurus tubuhnya juga dilengkapi perisai yang terbuat dari lempengan tulang besar sebagai alat pertahanan diri. Meski begitu, belum ada yang mengetahui warna sisik dinosaurus secara pasti.

fosil kulit dinosaurus

Berdarah Dingin

Sama dengan reptilia lain, dinosaurus itu merupakan hewan berdarah dingin. Artinya, dinosaurus tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya, mereka akan mengandalkan panas matahari.

Habitat
Dinosaurus hidup di daratan dan beberapa diantaranya mungkin mereka bisa berenang jarak dekat, tak ada dari mereka yang mampu terbang atau hidup di dalam air. Mereka adalah hewan darat yang berjalan dua kaki/bipedal atau empat kaki/
quadrupedal, atau keduanya, bisa dengan empat kaki bisa juga dua kaki seperti kelompok hadrosauridae seperti Edmontosaurus. Dinosaurus ada yang hidup di hutan tapi tak ada dari mereka yang merupakan hewan bertengger.

Mereka Yang Bukan Dinosaurus
1. Postosuchus

Sekilas memang mirip dinosaurus, tetapi postosuchus terlihat memiliki kaki pada samping tubuhnya, berbeda dengan kaki dinosaurus yang tegak dari bawah. 


2. Buaya
Buaya juga hidup pada zaman dinosaurus. Mereka adalah reptil crocodilia bukan dinosauria.




3. Dimetrodon

Dimetrodon dan beberapa reptil yang hidup sebelum zaman dinosaurus yaitu Era Mesozoikum memang seperti dinosaurus. Tapi mereka bukan dinosaurus, karena kaki-kakinya berada di sisi tubuh.

4. Pterosaurus

Tidak ada dinosaurus yang bersayap apalagi mampu terbang. Jadi Pterodactyloids dan Rhamphorhynchus bukanlah dinosaurus tetapi reptilia terbang prasejarah atau disebut juga pterosaurus.
Rhamphorhynchus

Pterodactyl

5. Plesiosaurus

Meski ada jenis dinosaurus yang dianggap bisa berenang, tetapi dinosaurus tidak ada yang mampu hidup di dalam air. Ichtyosaurus, Mosasaurus, Kronosaurus, serta banyak reptil prasejarah air lainnya, mereka bukanlah dinosaurus. Hewan-hewan ini merupakan kelompok reptil air atau marine reptile, dimana disana juga ada penyu, ular laut, dan buaya.

6. Burung

Burung jelas termasuk aves bukan reptil. Burung adalah hewan berbulu dan berdarah panas. Tak ada dinosaurus yang bertengger, bersayap, apalagi terbang. Jadi burung bukanlah dinosaurus.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

5 komentar:

  1. hmmm, jd begitu....dikirain pterosaurus itu dinosaurus...

    BalasHapus
  2. Tp benarkah kalau saya berpendapat bentuk kaki, cara berjalan/berlari, konstruksi tubuh kebanyakan dinosaurus lebih ke burung daripada reptil, apalagi penelitian terbaru malah famili raptor (yg besar maupun kecil) ternyata berbulu seperti burung.

    BalasHapus

  3. bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus
  4. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini F4ns Bett1ng (5ee80afe) ^^

    BalasHapus
  5. proses cepat, minimal hanya 50rb, gabung dan menangkan puluhan dan ratusan juta rupiah jika beruntung, untuk lebih jelas hubungin 7.A.C.D.8.5.6.0

    BalasHapus

 
TOP