Loading...
Sabtu, 02 April 2011

Primata Kecil

Lemur Tikus Pigmi (Microcebus myoxinus)


Panjang Tubuh: 6-7 cm
Panjang Ekor: 11-15 cm
Berat: 25 - 40 gram
Sering dikenal juga dengan lemur tikus Peters atau lemur dormouse. Lemur ini merupakan lemur terkecil di dunia dan sekaligus primata terkecil di dunia. Mereka ditemukan di hutan Kirindy di Madagascar bagian barat. Lemur tikus pigmi beristirahat selama siang hari, bahkan mereka tidur di tempat terbuka, sehingga sangat beresiko dari ancaman predator.

Lemur Berbulu Barat  (Avahi occidentalis)

Panjang Tubuh: 25-28,5 cm
Panjang Ekor: 31-36,5 cm
Berat: 700-900 gram
Lemur berbulu barat memiliki ukuran sedang, dengan ciri kaki belakang panjang dan kuat yang diadaptasikan dalam pergerakan, yaitu melompat dan hinggap. Meski memiliki penampilan mirip dengan lemur berbulu timur, lemur berbulu barat lebih kecil dari segi ukuran dan tampilan lebih pucat. Lemur berbulu barat terdapat di hutan-hutan Madagascar barat dan barat laut. Mereka merupakan hewan sosial dan monogami dalam perkawinan.

Tarsius Pigmi (Tarsius pumilus)

Panjang Tubuh: 9,5-10 cm
Panjang Ekor: 135-280 cm
Berat: 57 gram
Tarsius pigmi merupakan primata terkecil di Indonesia dan salah satu primata terkecil di dunia. Tarsius bukanlah monyet sejati, sebab mereka bukan dalam kelompok monyet dunia baru atau monyet dunia lama, melainkan kelompok tersendiri, Tarsiiformes. Tarsius pigmi hanya ditemukan di Sulawesi. Tarsius pigmi lebih kecil dibandingkan dengan spesies tarsius lain yang berada di Asia Tenggara. Seperti tarsius pada umumnya, tarsius pigmi memiliki mata besar berdiameter 16 mm yang membantu mereka mengawasi sekitar di malam hari. Mereka tidur di siang hari, dan pada malam hari akam mencari makanan berupa serangga dan laba-laba.

Marmoset Pigmi/Monyet Kerdil (Cebuella pygmaea)

Panjang Tubuh: 14-16 cm
Panjang Ekor: 15-20 cm
Berat: 120-140 gram
Marmoset pigmi merupakan monyet terkecil di dunia dan salah satu primata terkecil. Marmoset pigmi termasuk Monyet Dunia Baru, dimana mereka tinggal di kanopi hutan hujan Brazil, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Bolivia. Makanannya adalah berupa buah, serangga, kadal, katak, dan laba-laba.

Tamarin Singa Keemasan (Leontopithecus rosalia)

Panjang Tubuh: 19-23 cm
Panjang Ekor: 26-34 cm
Berat: 620 gram
Seperti singa sungguhan, tamarin singa keemasan memiliki surai yg menutupi kepala dan pundaknya. Mereka aktif pada malam hari mencari makanan serangga dan buah dari batang ke batang. Saat siang hari mereka bersembunyi di dalam lubang pohon. Ekornya tidak bisa digunanakan untuk memegang pohon meski ekor mereka panjang. Mereka hidup di hutan-hutan Amerika Selatan. Tamarin singa keemasan adalah monyet dunia baru.

Gibbon/Siamang/Owa Lar (Hylobates lar)

Panjang Tubuh: 45-50 cm
Berat: 4,4-7 kg
Gibbon Lar merupakan hewan monogami dan hewan bersosial. Penyebarannya adalah China barat daya, Thailand, Myanmar, sampai ke Semenanjung Melayu, termasuk Sumatra. Gibbon lar seperti gibbon-gibbon lainnya akan mengeluarkan suara-suara untuk mempertahankan teritorial atau saat memanggil pasangannya. Mereka memiliki lengan yang sangat panjang sebagai ciri khas gibbon. Gibbon lar adalah kera terkecil dari semua primata yang dikenal sebagai kera.

Galogo Kerdil/Prince Demidoff's Bushbaby/Prince Demidoff's Galago (Galago demidoff)

Panjang Tubuh: 7-15 cm
Panjang Ekor: 18 cm
Berat: 44-97 gram
Galago kerdil adalah yang terkecil dari semua famili galago/bushbaby. Mereka juga termasuk salah satu primata terkecil di dunia. Galago kerdil terdapat di Afrika seperti Senegal, Tanzania, dan Pulau Bioko di GUinea. Mata besarnya membantu mereka saat berburu di malam hari. Mereka memakan serangga kecil seperti ngengat dan kumbang, tetapi juga akan memakan tanaman dan buah.

Loris Sunda Lamban/Kukang (Nycticebus coucang)

Panjang Tubuh: 27-38 cm
Panjang Ekor: 1-2 cm
Berat: 600-680 gram
Selain kukang, ada 2 jenis lain dari loris lamban yang semuanya hidup di Asia Tenggara. Kukang tinggal di hutan bambu dan hutan hujan. Kukang memiliki cakar panjang dan melengkung pada tangan depannya. Seperti loris lain, kukang menghasilkan sedikit sengat dari kelenjar dibawah lengannya yang akan menjalar ke tubuh saat membersihkan diri. Mereka memakan buah, getah, nektar, dan serangga serta laba-laba. Kukang Jawa hidup di Pulau Jawa bagian tengah dan barat, kukang besar hidup di Sumatera, Singapura, dan Malaysia, dan kukang Borneo hidup di Kalimantan dan Filipina. Kukang masih satu famili dengan galogo.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

4 komentar:

  1. iiih lucunya.... =)

    BalasHapus
  2. imut-imut...kaya saiya, gue, aku..........

    BalasHapus
  3. Marmoset Pigmi kecil banget yah, kalau dipelihara gampang ilang kayanya..

    BalasHapus
  4. aku udah pernah lihat tarsius spectrum, lucu banget,,! kereeen..

    BalasHapus

 
TOP