Loading...
Rabu, 02 Juni 2010

Dibalik Besar Percepatan Gravitasi Bumi

Besar percepatan gravitasi Bumi adalah 9,8 meter persekon kuadrat. Besar percepatan gravitasi ini ditentukan oleh berbagai karakteristik planet Bumi, seperti massa jenis dan volume. Planet-planet lain memiliki percepatan gravitasi yg berbeda dengan Bumi. Mars misalnya, memiliki percepatan gravitasi 3,7 meter persekon kuadrat, sementara Jupiter memiliki percepatan gravitasi 24,8 meter persegi kuadrat.





Jika kita rengungkan, besar percepatan gravitasi Bumi ini sangatlah sesuai untuk berbagai aktivitas kehidupan manusia. Dalam bermain sepakbola misalnya, pertandingan tidak akan menjadi menarik bila dilangsungkan di Mars karena bola bergerak lamban bila ditendang sedikit saja sudah melambung jauh. Sebaliknya, jika dilangsungkan di Jupiter, bola akan terasa berat dan sulit ditendang jauh. Demikian pula dengan berbagai aktivitas lainnya. Berbagai aktivitas manusia akan sulit dilakukan bila besar percepatan gravitasi tidak seperti yg kita alami sekarang.

Penyelidikkan lebih lanjut menunjukkan kepada kita arti penting lain dari bsar percepatan gravitasi Bumi ini. Percepatan gravitasi yg lebih kecil akan membuat Bumi terlalu lemah untuk menahan atmosfer. Atmosfer Bumi akan menjadi tipis dan kehidupan tidakakan dapat berlangsung dalam kondisi seperti ini. Sebaliknya, percepatan gravitasi bumi yg terlalu besar malah akan membuat atmosfer bumi menahan terlalu banyak gas beracun seperti amoniak dan metana. Kondisi seperti ini juga kehidupan bumi tidak akan dapat berlangsung.

Jelas bahwa bear percepatan gravitasi Bumi merupakan hasil sebuah rancangan bukan berupakan nilai sembarangan yg terjadi secara kebetulan.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

2 komentar:

 
TOP