Loading...
Kamis, 09 Desember 2010

Primata

Primata merupakan mamalia yang memiliki otak relatif besar. Hal ini membuat mereka lebih pintar dan cepat belajar keahlian-keahlian baru. Anggotanya terdiri dari lemur, tarsius, monyet, dan kera.

Perbedaan Monyet Dan Kera
Dalam kelompok primata, ilmuwan membagi-bagi dalam 2 kelompok utama, Subordo Strepsirrhini yaitu primata non-tarsier (lemur dan aye-aye) dan Subordo Haplorrhini yaitu tarsius, monyet, dan kera. Monyet kadang dibilang sebagai Haplorrhini yang berekor, sehingga tarsius merupakan monyet. Namun "monyet sejati" itu sebenarnya adalah primata berekor yang berasal dari kelompok cercopithecoid (Monyet Dunia Lama/Old World monkey) dan platyrrhine (Monyet Dunia Baru/New World monkey). Sementara "kera sejati" adalah primata dari superfamily Hominoidea dimana mereka kehilangan ekor. 

Pengelompokan primata
Perbedaan kera dan monyet
Kata "ape" (kera) dalam Bahasa Inggris sendiri sebenarnya lebih mengacu pada primata kelompok baboon. Dan bahkan beberapa jenis monyet terdapat kata "kera" dalam namanya, seperti kera barbary (Macaca sylvanus) dan kera hitam Sulawesi (Macaca nigra). Meski begitu, mereka bukanlah kera sejati, melainkan masih tergolong monyet. Ini karena kelompok mereka terlihat tidak memiliki ekor dan juga karena berukuran besar pada beberapa jenis.
Kera barbary
Kera hitam Sulawesi

Perbedaan Antara Monyet Dunia Baru Dan Monyet Dunia Lama
Monyet tumbuh dengan baik di daerah subtropis dan tropis Amerika Selatan, Amerika Tengah, Asia, dan Afrika. Monyet terbagi menjadi dua kelompok yaitu Monyet Dunia Baru/New World Monkey (Platyrrhini) dan Monyet Dunia Lama/Old World Monkey (Cercopithecoid). Monyet-monyet dunia baru dan dunia lama tampak sekilas memang mirip, tetapi jika diperhatikan lebih dekat terdapat beberapa perbedaan yang unik dan khas di antara mereka.

Hidung
Monyet Dunia Lama (MDL): Monyet-monyet dunia lama memiliki hidung menghadap ke bawah (catarrhine) dengan lubang hidung yang keduanya lebih dekat dan terbuka ke bawah dan kadang-kadang ke depan, hampir mirip dengan hidung manusia. 
 
Monyet Dunia Baru (MDB): Monyet-monyet dunia baru memiliki hidung rata (platyrrhine) dengan lubang hidung terpisah jauh dan terbuka ke samping. 
 
 

Gigi
MDL: Memiliki dua premolar, dimana molarnya tajam tersambung ke ujung. Premolar di rahang atas (mandibula) dirancang khusus sangat tajam menjadi sebuah taring atas yang besar dan sangat tajam dengan diastema (ada jarak antara gigi taring dan gigi seri).
MDB: Memiliki tiga premolar. Molar relatif besar dan molar yang terakhir kebanyakkan jauh lebih kecil atau bahkan tidak ada.

Ekor
MDL: Ekor mereka tidak komprehensif. Di sekitar ekor dan bokongnya terdapat ischial callosities (bantalan duduk) yang dirancang untuk membantu mereka saat duduk makan, tidur, atau istirahat. Beberapa jenis, ekornya sangat kecil dan bahkan tampak tidak ada sama sekali.
 
 
 
 
MDB: Pada beberapa spesies seperti monyet laba-laba, ekornya memiliki kemampuan untuk memegang atau mencengkram.

Jari
MDL: Ibu jari mereka mirip manusia, saling berlawanan dan ibu jari tidak sejajar dengan jari lainnya. Pengecualian pada beberapa spesies seperti monyet colobine Afrika yang kecil atau kehilangan ibu jarinya. Semuanya Monyet Dunia Baru memiliki kuku di semua jari tangan dan kaki.
Jari baboon
MDB: Ibu jari mereka berada pada satu garis dengan jari lainnya. Spesies seperti monyet laba-laba juga kehilangan ibu jarinya. Beberapa Monyet Dunia Baru memiliki kuku pada jari kaki.
Jari tamarin
Merawat Bayi
MDL: Pejantannya kurang memiliki hubungan dekat dengan bayi mereka. 

MDB: Para pejantan banyak berkontribusi dalam perawatan anaknya.
 


Makanan
MDL: Menghabiskan waktunya lebih lama di tanah dengan memakan buah, serangga, biji, kacang, dan daun, tergantung spesiesnya.
MDB: Menghabiskan waktunya dalam kanopi hutan dengan memakan buah dan serangga kecil, kurang mengandalkan dedaunan.

Penyebaran
MDL: Hidup di daerah tropis dan subtropis di Asia dan Afrika (kecuali daerah Gurun Sahara dan Pulau Madagaskar).
MDB: Berada di daerah tropis dan subtropis di Amerika Selatan dan Tengah.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

3 komentar:

  1. Wah, info yang sangat bagus.
    terima kasih terlah berbagi.

    BalasHapus
  2. Sekarang udah gak bingung lagi, karena dilengkapi dengan gambar.
    Mantap

    BalasHapus

  3. ayo segera bergabung dengan kami
    di fanspoker^^com || karna difans anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar
    ayo tunggu apa lagi segera di add pin bb kami 55F97BD0 || saya tunggu di add nya ya...

    BalasHapus

 
TOP