Loading...
Senin, 21 Juni 2010

Pertahanan Dinosaurus

Dinosaurus karnivora seperti T-rex terlahir untuk menyerang dan membunuh mangsanya. Dinosaurus yg dijadikan target para pemburu itu harus mempertahankan dirinya dari serangan para pemangsa. Dinosaurus memiliki serangkaian cara pertahanan untuk menghindari para penggangu. Dinosaurus  mempertahankan diri dg hidup berkelompok, beberapa yg lainnya mengandalkan kecepatan, dan senjata pertahanan diri yg dimiliki.

HIDUP BERKELOMPOK

Hidup berkelompok akan membuat aman bagi kebanyakan dinosaurus, seperti yg banyak dilakukan hewan saat ini. Saat bersama, dinosaurus bisa saling memperingati satu sama lain jika ada ancaman bahaya. Beberapa dinosaurus seperti Iguanodon dan Apatosaurus hidup berkelompok untuk berkelana mencari makanan. Dan para dinosaurus muda akan ditempatkan di tengah kerumunan kelompok untuk di jaga oleh dewasa yg lebih besar. Sementara Triceratops akan membuat lingkaran pertahanan untuk menutupi Triceratops muda yg berada ditengah lingkaran. Hal ini dilakukan untuk mengancam penyerang dg barisan tanduk pertahanan Triceratops.

PERISAI TUBUH
Dinosaurus herbivora seperti kelompok ankylosauridae terlahir dg tubuh yg serupa buaya, sisiknya mengalami penulangan sehingga menjadi keras, sisik ini sangat berguna sbg perisai. Selain itu kelompok aknylosauridae memiliki ekor yg keras seperti palu. Jika dalam posisi terancam mereka akan merunduk untuk melindungi daerah perut yg lunak kemudian sambil mengibaskan ekor yg seperti pemukul palu.





Dinosaurus kelompok stegosauridae memiliki 2 baris lempenganan tulang besar yg runcing di sepanjang punggungnya untuk pertahanan dan memakai duri di ekornya sebagai alat penyerangan. Lempengan runcing itu juga digunakan sebagai pengatur suhu tubuh.

TANDUK
Dinosaurus herbivora kelompok ceratopian memiliki pertahanan berupa tanduk pada kepalanya. Mereka akan mengembangkan tanduk dan lempengan perisai tulang (frills) pada bagian belakang tengkorak untuk melindungi diri. Kemuungkinan mereka menyerang musuh seperti badak atau saling mengadu tanduk dalam memperebutkan betina atau pemimpin kelompok.
  triceratops saling bertarung 

triceratops menyerang t-rex.


KEPALA BAJA
Pachycephalosaurus jantan memiliki tulang sangat tebal berbentuk kubah pada bagian atas tengkoraknya. Mereka akan saling mengadu kepala untuk memperoleh pasangan seperti yg dilakukan kambing liar saat ini.

TUBUH RAKSASA DAN EKOR CAMBUK

Sauropoda yg bertubuh raksasa akan mengandalkan ukuran tubuhnya untuk pertahanan diri, seperti yg dilakukan gajah. Selain ukran tubuh, beberapa sauropoda seperti Diplodocus dan mamenchisaurus akan mengibaskan ekor yg dapat digunakan seperti cambuk untuk melawan musuhnya.

CAKAR
Sebagian besar dinosaurus herbivora tidak memiliki cakar, namun Iguanodon dan  memiliki pertahanan diri dg menggunakan dua kuku "ibu jari" yg tajam. Dinosaurus omnivora seperti Segnosaurus bahkan memiliki cakar besar untuk pertahanan dirinya. Cakar itu digunakan untuk menikam para pengganggu yg datang.

KECEPATAN UNGGUL

Dinosaurus kelompok ornithomimidae seperti Orthinomimus dan Gallimimus tidak memiliki perisai atau tanduk di tubuhnya untuk pertahanan diri. Mereka akan mengandalkan kecepatan untuk kabur dari para pemangsa. Dari perhitungan panjang kaki dan jarak antara jejaknya para ahli mengetahui bahwa kelompok ornithomimidae adalah dinosaurus yg tercepat. Kecepatannya sekitar 50-64 km/jam. Kecepatan ini juga mereka gunakan dalam berburu mangsa hewan kecil seperti kadal dan serangga.


Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

1 komentar:


  1. ayo dicoba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com
    dapatkan juga bonus rollingan dan refferalnya

    BalasHapus

 
TOP