Loading...
Minggu, 10 Oktober 2010

Kepunahan Dinosaurus: Teori Badai


Memang tidak ada manusia yang hadir dan mencatat badai zaman prasejarah. Namun seorang professor meteorologi di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Kerry Emanuel memperkirakan ada kondisi yang terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu sehingga binatang prasejarah musnah. Kerry menyatakan ada sebuah badai besar yang terjadi yang jauh lebih kuat dan mematikan efeknya dibandingkan badai modern saat ini. 

Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa dinosaurus mati karena sebuah asteroid menghantam bumi dan menyebabkan terjadinya perubahan iklim secara drastis. Kerry dan para peneliti lainnya berpikir asteroid mungkin saja memanaskan lautan kuno sekitar 50 derajat Celsius.
Badai mungkin telah menyebabkan punahnya dinosaurus
Badai mendapatkan kekuatan mereka dari air laut yang memanas tersebut. Air yang sangat panas itu menyebabkan badai memiliki kecepatan  angin sebesar 700 mil/jam atau sekitar 1.130 kilometer/jam. Monster badai zaman prasejarah ini bisa saja menyebabkan embun panas naik ke stratosfer, menyebabkan perubahan besar di planet bumi yang menyebabkan kepunahan dinosaurus. 

Meski sudah memberikan perkiraannya, Kerry menambahkan bahwa konsep yang dikemukakannya hanya berupa teori dan belum punya cara untuk mengetesnya.



Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

1 komentar:

  1. bingung mau ngapain
    mari bergabung dengan kami difans poker

    BalasHapus

 
TOP