Loading...
Jumat, 12 November 2010

Keunikkan Kuda Laut



Kuda laut (Genus Hippocampus) merupakan salah satu hewan ikan yang berbeda baik dari bentuk maupun sifatnya. Hewan ini kerap disebut juga "tangkur naga" atau "naga air daun". Kuda laut terdiri dari 50 spesies berbeda dan mereka hidup di lautan tropis seluruh dunia. Mereka memiliki mata yg dapat berputar ke segala arah singga dapat melihat sekeliling tanpa mesti memalingkan kepala. Selain matanya yg dpt berputar ke segala arah, ada beberapa keuinkkan lainnya. Berikut ini saya tuliskan beberapa keistimewaan kuda laut.

Cara Berenang

 
Kuda laut berenang secara vertikal, naik turun, berbeda dengan ikan lainnya. Cara berenang kuda laut juga dipengaruhi oleh sistem yang sangat khusus. Kuda laut bergerak naik-turun di dalam air dengan cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya. Jika kantung renang ini rusak dan kehilangan sedikit udara, kuda laut tenggelam ke dasar laut. Kecelakaan yang sedemikian menyebabkan matinya kuda laut.

Jantanlah Yg Hamil
Kuda laut juga merupakan satu-satunya makhluk hidup dimana yang jantanlah yang hamil. Cara perkawinannya begini. Kuda laut betina akan bertarung menarik perhatian demi memperebutkan pejantan. Kemudian, kuda laut betina akan memasukkan telur ke dalam kantung perut jantan yang nanti kemudian akan dibuahi di dalam sana, kantung itu mengandung oksigen dan digunakan sebagai inkubator. Setelah telur terbentuk, pejantan akan mengerami telur-telur itu (sekitar 15-50 hari)  sampai mereka menetas dan keluar dari perut jantan sebagai miniatur orang tuanya. Pejantannya pun akan tetap merawat anak-anaknya ini.

gambar kuda laut jantan yg sedang hamil

gambar siklus hidup kuda laut


perbedaan jantan dan betina kuda laut
Setia
Keunikan lainnya, kuda laut adalah pasangan yang setia. Kebanyakan spesies dari Kuda Laut dikenal merupakan pasangan sehidup semati. Mereka hanya akan kawin dengan pasangannya. Hal ini merupakan sesuatu yang jarang terjadi di dalam dunia ikan.  




Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hi,

    Do you selling dried kuda laut ? My factory can buy 200kg ever month with good price (SIZE: 4-5g per piece); Please contact me anytime; thanks.

    Sean
    (+65) 86613185
    BBM PIN:74DD3A28 / 7E47C3CA
    Email: cnticmedical@gmail.com
    Kakao Talk ID: HooplaHa / Line ID : hooplaha
    Skype ID: seanchapter
    CNTIC MEDICAL CO, .LTD

    BalasHapus
  3. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini Update Betting (7ACD8560)

    BalasHapus

 
TOP