Loading...
Senin, 02 Mei 2011

Hewan Berkantung

Hewan berkantung adalah mamalia kelompok marsupialia. Marsupialia bersama juga dengan monotremata (mamalia bertelur) berbeda dengan mamalia lain dalam cara memperoleh keturunannya.

Saat bayi marsupialia lahir, tubuhnya sangat kecil dan belum berbentuk sempurna. Bayi itu akan naik/memanjat ke kantung ibunya dan berkembang dan mendapatkan nutrisi (menyusu) disana. Anaknya terus berpegang erat sehingga ia tak akan terlepas. Sang anak akan berada di dalam kantung induknya sampai cukup besar dan dapat bertahan di luar. Bayi kangguru merah
(Macropus rufus), saat lahir ukurannya sama dengan tawon dengan bentuk yang tidak sempurna (tidak seperti miniatur kangguru), ukuran dewasanya bisa mencapai panjang 2 meteran. 

bayi kangguru merah
opossum air
Saat berusia 190-200 hari, anak kangguru merah akan mulai meninggalkan kantung ibunya dan mulai menjelajahi dunia. Jika merasa ada bahaya atau kawanannya mau bergerak bayi kangguru akan masuk ke kantung ibunya, dg memasukan kepala terlebih dahulu. Saat sang anak berbobot 2 kg di usia 4 bulan, anak kangguru anak mulai berjalan dan berhenti hidup di dalam kantung. Ia tetap menyusu dg menjulurkan kepalanya ke dalam kantung induknya sampai 1 tahunan. Kadang2 anak kangguru suka kepengen kembali  lagi masuk ke kantung, tapi sang induk akan menghalaunya. Pada opossum air (Chironectes minimus) atau dikenal juga dengan nama yapok, kantungnya tertutup rapat sehingga anaknya tidak tenggelam saat sang induk menyelam di air.

Dengan kata lain, fungsi kantung pada marsupialia itu adalah sebagai tempat perkembangan anak dan tempat 'menggendong' serta berlindung anak.

Kebanyakkan marsupialia berasal dari Australia, yang lainnya hidup di Amerika Selatan dan Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Sementara dari Amerika Utara hanya ada satu jenis, yaitu opossum (Didelphis virgiania). Beberapa jenis marsupialia yg lebih kecil bentuknya mirip dg jenis mamalia lain, ada yg mirip tikus, kucing, anteater (pemakan semut), beruang, dan tikus mondok.



Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

5 komentar:

  1. Ayo daftarkan diri Anda di F4ns Bett1ng
    pin bbm 5ee80afe

    BalasHapus
  2. segera bergabung dengan kami di u+p+d+a+t+e+b+e+t+t+i+n+g
    add pin aku ya 7.A.C.D.8.5.6.0

    BalasHapus
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    di f@ns*p0ker || add pin bb 55F97BD0

    BalasHapus
  4. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  5. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

 
TOP