Loading...
Selasa, 18 Mei 2010

Kecerdasan Dino

Susunan Otak dinosaurus lebih maju daripada buaya yang ada sekarang ini. Otak burung dan mamalia bundar, namun otak dinosaurus berbentuk kecil dan panjang. Di dalam fosil kepala ditemukan benda yang diperkirakan sebagai otak. Ukuran otak tiap jenis dinosaurus berbeda.










Pada umumnya, dinosaurus bertubuh besar cukup cerdas. Tetapi dinosaurus seperti sauropod (dinosaurus berleher panjang) dan Stegosaurus memiliki otak yg sangat kecil. Dibandingkan dengan badannya, otak dinosaurus tersebut sangat kecil. Dinosaurus sauropod seperti Brachiosaurus dan Apatosaurus (Brontosaurus) memang memiliki tubuh raksasa, tetapi otaknya begitu kecil. Bobot otak manusia seperempat puluh dari bobot berat tubuh, tetapi otak Apotosaurus seperseribu dari bobot badannya, sementara Brachiosaurus memiliki berat otak seperseratus ribu berat tubuhnya. Otak pada Stegosaurus juga demikian. Oleh karena itu, Stegosaurus, Apotosaurus & Brachiosaurus termasuk dinosaurs ber-IQ rendah.

Namun, ada juga jenis dinosaurus yang ber-IQ tinggi. Mereka berasal dari Family Troodontidae dan Family Dromaesauridae. Troodon akan memaksimalkan mata yang besar dan kecerdasannya dalam memburu mangsa. Sementara Deinonychus, Dromaesaurus, dan Velociraptor akan memanfaatkan kecerdasannya dengan berburu dalam kelompok besar, seperti yang dilakukan simpanse pada saat ini. Otak Velociraptor berukuran sanggat besar untuk seukuran tubuhnya, sehingga para ahli menduga bahwa kepintaran Velociraptor bahkan melebihi lumba-lumba, hewan terpintar saat ini. 




Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

1 komentar:

 
TOP