Loading...
Selasa, 18 Mei 2010

Keunikkan Brachiosaurus

Brachiosaurus altithorax ("reptil bertangan") merupakan dinosaurus sauropoda atau dinosaurus berleher panjang  yang hidup di akhir Zaman Jurassic. Dinosaurus herbivora yang ditemukan di daerah afrika ini ternyata memiliki beberapa keunikan.







KADAL BERTANGAN

Arti nama Brachiosaurus ini memang demikian. Sebenarnya namanya ini merujuk pada fakta bahwa kaki depannya lebih panjang daripada kaki belakangnya, sehingga bahu Brachiosaurus juga menjadi tinggi dan punggungnya miring ke atas sampai kepala, berbeda dengan dinosaurus lainnya. Hal ini memungkinkannya untuk menjulurkan leher panjangnya untuk menggapai puncak pohon.






HAMPIR LENGKAP

Fosil dinosaurus sering ditemukan berantakan atau beberapa bagian tulang hilang. Sehingga ilmuwan perlu membuat model-model tulang yang hilang untuk merekronstruksinya. Namun fosil Brachiosaurus adalah merupakan fosil dinosaurus yang hampir lengkap dan paling besar ditemukan.






 

TIDAK HIDUP DI AIR
Dahulu ilmuwan berpendapat bahwa Brachiosaurus hidup di air karena mereka terlalu besar untuk hidup di darat. Mereka mengira Brachiosaurus menopang beratnya dengan hidup di dalam air dan bernapas melalui lubang hidung yang terdapat di atas kepalanya. Sekarang, kita tahu bahwa semua itu tidak benar. Tekanan air akan menghancurkan tulang rusuknya dan bisa membuatnya tidak bisa bernapas.






JEJAK KAKI TERBESAR

Fosil bukan hanya dalam bentuk tulang, jejak kaki pun terawetkan. Dari fosil yang ada, telapak kaki Brachiosaurus memiliki ukuran sangat besar, panjangnya lebih dari satu meter. Dari fosil jejak kaki ini ilmuwan bisa memperkirakan kecepatan gerak Brachiosaurus adalah 10 km/jam.

MEMAKAN BATU

Terkadang Brachiosaurus harus menelan batu untuk membantu mencerna tumbuhan yang keras dan liat yang mereka makan. Batu-batu ini membantu menggiling dan menghancurkan makanan di dalam perut.  Batu yang disebut juga gastrolit ini telah ditemukan bersama dengan fosil-fosil tulang Brachiosaurus.


Reaksi: 

Bintang:

{[['']]}

Sukai:

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP